IC3 (Internet and Computing Core Certification) merupakan sertifikasi keahlian umum dalam menggunakan TIK yang berstandar global serta merefleksikan keahlian TIK terkini dan relevan bagi dunia kerja maupun dunia pendidikan. IC3 diciptakan oleh Certiport (www.certiport.org) -bagian dari Pearson- perusahaan terdepan dalam menyediakan program sertifikasi dan solusi pelatihan untuk institusi pendidikan, pencari kerja dan perusahaan teknologi yang dapat diakses melalui lebih dari 12.000 Certiport Authorized Testing Centers di seluruh dunia.

Di dunia kerja, karyawan yang memiliki validasi (sertifikasi) IC3 akan memiliki kemampuan menyelesaikan pekerjaan sehari-hari dengan tingkat efisiensi dan efektifitas diatas rata-rata. Hal ini akan mengurangi ketergantungan kepada tim IT support dan menjadi salah satu dampak nyata dari program pengembangan ketrampilan yang diberikan kepada karyawan. Untuk dunia pendidikan, dengan tersertifikasinya para pengajar dan murid dengan IC3 menjamin bahwa mereka memahami dan mampu menggunakan perangkat komputer dan teknologi yang digunakan dalam proses belajar mengajar, sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan efektif tidak terganggu kendala teknis karena ketidakmampuan menggunakan perangkat komputer dan teknologi.

Terdiri dari 3 modul sertifikasi, yaitu :

  • Computing Fundamentals
  • Key Applications
  • Living Online

k

Jenis pertanyaan pada masing-masing modul berupa pertanyaan teori dan simulasi nyata sebagaimana penggunaan sehari-hari. Tes dapat dilakukan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Unduh disini untuk mendapatkan informasi dalam bentuk brosur.

Computing Fundamentals

Modul ini menguji pengetahuan anda tentang:

  • Perangkat keras (hardware), peripheral dan troubleshooting

Pertanyaan pada modul ini mengenai jenis komputer yang ada, perangkat komputer dan perangkat pendukungnya, tujuan dan fungsi dari komponen-komponennya, perangkat input-output seperti printer, kamera, scanner, dan sebagainya, bagaimana komputer memproses informasi.
Selain itu juga menguji bagaimana merawat perangkat komputer, menjaga komputer dari kerusakan dan pencurian, bagaimana menyelesaikan permasalahan komputer yang umum terjadi.

  • Perangkat lunak komputer (software)

Sebuah aplikasi/perangkat lunak komputer memungkinkan kita untuk membuat, mencari, mengelola dan menyampaikan informasi.
Bagian ini mengujikan bagaimana cara kerja antara perangkat keras dan lunak dalam melakukan tugas tertentu dan bagaimana sebuah aplikasi dimutakhirkan. Selain itu juga menguji pengetahuan bagaimana menggunakan aplikasi umum seperti pengolahan kata, pengolahan angka, pengolahan presentasi, pengolahan basis data, grafis, multimedia dan sebagainya.

  • Penggunaan Sistem Operasi (Operating System/OS)

Sebuah sistem operasi mengelola arus informasi dan banyak melakukan pekerjaan ‘belakang layar’ (background).
Pada bagian ini akan diujikan pemahaman tentang apa yang dimaksud dengan sistem operasi dan cara kerjanya, bagaimana cara mengelola sebuah sistem operasi. Akan diujikan pula bagaimana pengelolaan file & folder, install & uninstall sebuah aplikasi dan cara mengatasi masalah yang umum terjadi pada sistem operasi.

Key Applications

Materi yang akan diujikan pada modul ini adalah:

  • Fungsi Program Umum

Menguji tentang pemahaman bagaimana membuka dan menutup sebuah aplikasi, mengatur tampilan dan menggunakan berbagai macam bantuan online (online help) serta beberapa fungsi umum untuk pengelolaan file, edit, format dan mencetak sebuah dokumen.

  • Aplikasi Pengolah Kata

Menguji pengetahuan mengenai elemen-elemen yang ada dalam sebuah dokumen yang terorganisir, format teks dan dokumen. Selain itu juga menguji kemampuan kita dalam menggunakan aplikasi pengolah kata seperti membuat, mengulas, perlindungan pada dokumen dan lain-lain.

  • Aplikasi Pengolah Angka

Aplikasi pengolah angka dapat mengelola dan menampilkan informasi berupa angka secara efektif. Aplikasi ini menyediakan berbagai macam rumus dan fungsi yang dapat menghitung, memilah dan memproses informasi secara otomatis. Bagian ini menguji tentang bagaimana menggunakan aplikasi pengolah angka secara efisen. Seperti memilah dan mengatur data menggunakan rumus dan fungsi, membuat grafik yang efektif dan menyajikan data menggunakan tabel dan grafik dan fungsi-fungsi lainnya.

  • Aplikasi Pengolah Presentasi

Berkomunikasi mendiskusikan mengenai suatu topik saat ini sudah dapat dilakukan secara bebas baik di dalam kelas, tempat kerja, bahkan antar negara yang berbeda dengan cara mempresentasikan topik tersebut.
Bagian ini mengujikan pengetahuan anda bagaimana mendesain, mengatur dan memodifikasi sebuah presentasi.

Living Online

Modul ini menguji pengetahuan anda tentang:

  • Jaringan Komunikasi dan Internet

Jaringan dan internet merubah sebuah komputer menjadi alat untuk mencari, membagi dan menyimpan informasi di seluruh dunia. Bagian ini mengujikan pengetahuan tentang jenis jaringan yang umum digunakan, manfaat dan resiko jaringan komputer. Termasuk juga pengetahuan tentang cara mengirimkan tipe data, peran pengirim, penerima dan server data juga mengenai prinsip keamanannya.

  • Komunikasi Elektronik

Komunikasi saat ini sudah dapat menghubungan satu dengan lainnya yang berada diberbagai penjuru dunia dengan mudah dengan menggunakan media komunikasi elektronik seperti email, telepon seluler, blog, telekonferensi, media jejaring sosial dan lain-lain. Pada topik ini akan diujikan pemahaman anda mengenai jenis komunikasi elektronik, bagaimana cara kerja dan cara menggunakannya secara efektif. Termasuk juga etika berkomunikasi di internet (netiket) dan permasalahan umum yang terjadi seperti gagal dalam pengiriman data, junk mail, penipuan, virus, dan sebagainya.

  • Internet dan World Wide Web (WWW)

Internet tidak hanya digunakan untuk hiburan semata; tapi juga menjadi salah satu cara untuk mencari dan berbagi informasi, komunikasi antar kawan, menjalankan bisnis dan juga keperluan terkait dengan pemerintah.
Bagian ini akan menguji pemahaman bagaimana cara mengevaluasi kualitas informasi yang didapat dan identifikasi perilaku yang bertanggung jawab ketika membuat atau menggunakan konten-konten online.

  • Dampak Komputer dan Internet pada Masyarakat

Komputer telah menjadi bagian dalam semua aspek kehidupan, seperti di dunia kerja, pendidikan, pemerintahan, rumah maupun interaksi sosial. Pada bagian ini akan diujikan pengetahuan bagaimana penggunaan komputer yang sesuai di berbagai bidang kehidupan, resiko dalam menggunakan komputer dan aplikasinya, serta bagaimana menggunakan komputer & internet secara aman, sesuai etika dan tidak melanggar hukum.

Achievement Credential  hanya diberikan kepada peserta yang lulus di modul tertentu.

  

 

Sertifikat IC3 diberikan kepada peserta yang lulus ketiga modul yang diikutinya.

Sertifikat maupun Achievement Credential hanya diberikan kepada peserta yang telah berhasil melewati nilai minimum (passing score) pada setiap modulnya yaitu 70-80% dari skor maksimum, berlaku internasional dan seumur hidup.

  • IC3 merupakan tes yang dijalankan dengan menggunakan akses internet (Internet based test).
  • Terdapat 2 tipe soal yang harus dijawab pada tes IC3 yaitu pilihan berganda dan pertanyaan tentang fungsi-fungsi. Soal pilihan berganda sangatlah mudah dan anda memiliki 25% kesempatan untuk memilih jawaban benar walaupun anda hanya memilih jawaban secara acak.
  • Tipe soal lainnya mengenai fungsi-fungsi, sebagai contoh saat anda harus menjawab pertanyaan tentang fungsi mail merge pada aplikasi pengolah kata, anda akan diminta melakukan simulasi dari membuka aplikasinya hingga menggunakan fungsi mail merge untuk mendapatkan skor. Pastikan anda memahami fungsi dasar agar dapat menjawab soal dengan benar.

Sebagai persiapan sebelum mengikuti tes IC3 dan untuk memperoleh gambaran mengenai soal-soal IC3, ITC menyediakan alat bantu sebagai berikut:

ICT flash application
Merupakan contoh soal dalam bentuk flash yang diberikan secara cuma-cuma, cukup dengan mengunduh disini.
Contoh soal tersebut memberikan gambaran bagaimana bentuk soal dan apa yang akan anda lakukan saat menjalani tes sehingga dapat memberi gambaran persiapan apa saja yang perlu dilakukan sebelum mengikuti tes IC3.

  • Apakah IC³ Global Standard 4?

IC3 Global Standars 4 (IC3 GS4) merupakan tes IC3 terbaru.

  • Mengapa Certiport menciptakan IC³ GS4?

Teknologi selalu berubah dan penting bagi IC3 -sebagai program literasi digital yang tercepat pertumbuhannya- untuk dapat menyesuaikan dengan perubahan tersebut. IC3 GS4 dikembangkan untuk menyelaraskan standar IC3 dengan kebutuhan literasi digital yang relevan dan terkini. Dengan IC3 GS4, pengajar, siswa, pengguna teknologi digital memiliki kepercayaan diri karena sertifikat IC3 yang mereka miliki mengukur teknologi terkini yang banyak digunakan.

  • Perubahan apa saja yang terdapat pada IC3 GS4?

IC3 GS4 menguji konsep terbaru dalam literasi digital seperti media social, kolaborasi, perangkat digital, kefasihan penggunaannya, komputasi awan (cloud computing) dan berpikir kritis terkait teknologi digital. Seperti IC3 standard sebelumnya, IC3 GS4 menyelaraskan dengan standar ISTE NETS-S dan telah disetujui oleh American Council on Education (ACE).

  • Sistem operasi dan program Microsoft Office manakah yang digunakan pada IC3 GS4?

IC3 GS4 sesuai dengan Microsoft Office 2010 dan Windows 7

  • Bagaimana caranya mengikuti IC3 GS4?

Silahkan menghubungi info@itc-indonesia.com

  • Saya sudah tersertifikasi IC3, apakah perlu mengikuti tes IC3 GS4?

Tentu saja. Kami menyarankan agar semua orang yang ingin kemampuan terkininya terukur harus tersertifikasi dengan IC3 GS4. Secara khusus kami sarankan kepada para pengajar dan instruktur IC3 untuk mengikuti sertifikasi IC3 GS4 untuk memastikan mereka paham dengan perubahan yang terjadi.

  • IC3 GS4 tersedia dalam bahasa apa?

Tes IC3 tersedia dalam 2 bahasa, bahasa Inggris dan bahasa Indonesia