Berita ITC

STIE BII SELANGKAH LEBIH MAJU DENGAN IC3

Seiring dengan berkembangnya zaman, era digital juga semakin berkembang. Berkembangnya era digital ikut mempengaruhi perkembangan teknologi yang samakin pesat. STIE BII memahami kondisi ini dan menyadari pentingnya keahlian dibidang digital.. Bekerjasama dengan PT ITC, STIE BII menjadikan sertifikasi IC3 sebagai syarat kelulusan mahasiswanya.

Pada tanggal 2-4 Agustus 2017, STIE BII melaksanakan sertifikasi IC3 yang diikuti sebanyak 350 mahasiswa. Kegiatan yang sudah dijalankan sejak bulan Juni 2017 bertujuan menjadikan sertifikasi IC3 sebagai surat keterangan pedamping ijazah (SKPI) mahasiswa STIE BII.

Dengan sertifikasi IC3, STIE BII percaya bahwa kemampuan dan kualitas yang dimiliki oleh lulusan STIE BII akan sesuai dengan kebutuhan dunia global sehingga diharapkan lulusan STIE BII dapat selangkah lebih maju dan mampu memenangkan persaingan di dunia kerja.

IC3 merupakan tes dari Certiport, salah satu anak usaha Pearson, yang menguji kemampuan komputer dasar yang terdiri dari 3 modul yakni Computing Fundamentals, menguji pengetahuan cara kerja computer, Key Applications menguji tentang pengetahuan program aplikasi yang sering digunakan dan Living Online yang menguji pemahaman mengenai dunia internet. Kelulusan di setiap modul akan mendapatkan Achievement Credential dan apabila lulus disemua modul akan mendapatkan credential berupa sertifikat yang berlaku internasional dan berlaku seumur hidup.

============================================================================================================================================================================

PROSES REKRUTMEN PT TRANSNUSA AVIATION DENGAN MENGGUNAKAN TOEIC®

Sejak tahun 2011, PT Transnusa Aviation Mandiri bekerjasama dengan PT ITC dalam penyelenggaraan tes TOEIC® dalam proses rekrutmen karyawan baru. Setiap bulannya, sebanyak 15 peserta mengikuti salah satu rangkaian proses penerimaan calon pegawai PT Transnusa Aviation di Plaza Sentral, Jakarta.

PT Transnusa Aviation yang merupakan maskapai dalam negeri yang melayani rute penerbangan untuk wilayah Indonesia Timur konsisten menggunakan TOEIC® dengan tujuan selain untuk memenuhi peraturan Kementerian Perhubungan juga TOEIC® merupakan tes Bahasa Inggris yang sesuai dengan kebutuhan PT Transnusa Aviation dalam menyeleksi kemampuan Bahasa Inggris karyawan yang sesuai dengan kebutuhannya.

Diciptakan pada tahun 1979, hingga saat ini TOEIC® telah terbukti akurat dalam mengukur kemampuan berkomunikasi seseorang dengan menggunakan Bahasa Inggris diberbagai negara. Di Indonesia TOEIC®-pun telah lama dipercaya dan digunakan berbagai perusahaan yang salah satunya adalah PT Transnusa Aviation Mandiri.


============================================================================================================================================================================

TOEIC® SEBAGAI ALAT REKRUTMEN PT SEMEN GRESIK

Pada tanggal 3 September 2017, sebanyak 876 peserta dengan pendidikan terakhir D3 mengikuti tes TOEIC® yang secara serentak diadakan di 4 kota, yakni Jakarta, Semarang, Surabaya dan Jogja. Tes ini diadakan dalam sebagai rangkaian proses rekrutmen PT Semen Gresik untuk karyawan baru yang nantinya akan menduduki jabatan sebagai Supervisor.

Penggunaan TOEIC® ini merupakan yang kedua kalinya dalam proses rekrutmen PT Semen Gresik. Berbeda dengan sebelumnya, kali ini ITC menyediakan layanan on site scoring yaitu layanan scoring hasil tes langsung setelah tes selesai dilaksanakan dan ditempat yang sama, sehingga dalam hitungan jam PT Semen Gresik dapat mengetahui kandidat yang memenuhi standar kualifikasi bahasa Inggris.

PT Semen Gresik memilih TOEIC®, karena TOEIC® telah teruji akurat dan diakui berbagai negara dalam mengukur kemampuan berkomunikasi dengan bahasa Inggris. Kemampuan ini sangat diperlukan dalam mendukung rencana PT Semen Gresik menjadi perusahaan yang diperhitungkan di dunia global.

TOEIC® merupakan sertifikasi berstandar internasional dalam mengukur kemampuan berkomunikasi dengan Bahasa Inggris di dunia kerja. Telah digunakan di lebih dari 150 negara dan 14.000 institusi, TOEIC terbukti akurat dalam memberikan skor sesuai dengan kemampuan sesungguhnya.

============================================================================================================================================================================

TOEIC® SEBAGAI SYARAT REKRUTMEN KARYAWAN PT SEMEN INDONESIA

Sejak tahun 2013, PT Semen Indonesia bekerjasama dengan PT ITC menggunakan TOEIC® dalam menyeleksi calon karyawan dengan tingkat pendidikan Strata 1.

Pada tanggal 9 September 2017, sebanyak 1352 calon karyawan PT Semen Indonesia mengikuti tes TOEIC® yang dilaksanakan serentak di 5 kota, yakni Jakarta, Surabaya, Jogja, Padang dan Makassar.

  

PT Semen Indonesia menggunakan tes TOEIC® sebagai salah satu syarat dalam menyeleksi calon karyawan yang nantinya akan ditempatkan sebagai Management Trainee. Dengan pelaksanaan tes TOEIC®, PT Semen Indonesia akan lebih mudah melihat kemampuan Bahasa inggris calon karyawan yang sesuai dengan standar perusahaan dan akan menjadi acuan PT Semen Indonesia dalam menyeleksi calon karyawan untuk mengikuti tahap rekrutmen selanjutnya.

Sejak tahun 1979, TOEIC® dipercaya lebih dari ratusan perusahaan di 150 negara sebagai tes untuk mengukur kemampuan berkomunikasi dengan Bahasa inggris. Saat ini, tes TOEIC® sudah digunakan dibeberapa perusahaan di Indonesia sebagai salah satu syarat dalam merekrut karyawan.

============================================================================================================================================================================

TOEIC® SEBAGAI TES KANDIDAT PILOT PT LION MENTARI AIRLINES

Sejak tahun 2015, PT Lion Mentari Airlines (Lion Air) telah menerapkan tes TOEIC® sebagai salah satu persyaratan dalam merekrut kandidat pilot. Setiap bulannya, sekitar 50 calon kandidat pilot melaksanakan tes TOEIC® di Plaza Sentral, Jakarta.

Hal ini pun telah diatur oleh kementerian perhubungan yang menyebutkan bahwa kandidat pilot harus memiliki skor minimum 700 dalam tes TOEIC®. Tes TOEIC® dipilih Lion Air sebagai salah satu alat ukur kualitas kandidat pilot dikarenakan TOEIC® dipercaya dapat menghasilkan skor yang akurat mengenai kemampuan kandidat pilot dalam berbahasa inggris. Bagi kandidat pilot yang lulus dengan nilai minimum 700 akan melanjutkan ke tahapan seleksi berikutnya.

Sejak tahun 1979, TOEIC® dipercaya oleh ribuan perusahaan di 150 negara didunia sebagai alat ukur yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. TOEIC® telah terbukti dipercaya di dunia transportasi udara sebagai alat untuk membuktikan kemampuan Bahasa Inggris para praktisinya yang mutlak dibutuhkan dalam menjalankan tugasnya yang menyangkut keselamatan penumpang dan barang selama menempuh perjalanan udara.

============================================================================================================================================================================

PENERAPAN TES TOEIC® DI PT PP EQUINOX

Sejak tahun 2009, PT PP Equinox (sebelumnya bernama Anthony Veder) berkerjasama dengan PT ITC dalam penyelenggaran tes TOEIC® bagi awak kapalnya.

Setiap bulannya, sekitar 25 awak kapal mengikuti tes TOEIC® di ITC Plaza Sentral, Jakarta. Pelaksanaan tes TOEIC® ini bertujuan untuk mengukur kemampuan Bahasa inggris awak kapal untuk naik kapal. Tes TOEIC® yang dilaksanakan PT PP Equinox diadakan secara rutin hampir setiap harinya pada jadwal regular ITC.

                                                                  

Selain untuk mengukur kemampuan Bahasa inggris para awak kapal, tes TOEIC® juga dijadikan bukti kepada pengguna jasa PT PP Equinox bahwa awak kapalnya mampu berbahasa inggris dengan baik. Hal ini juga untuk memenuhi ketentuan dari Kementrian Perhubungan yang mewajibkan awak kapal memiliki kemampuan Bahasa inggris yang salah satunya dibuktikan dengan tes TOEIC® dengan skor minimal 400.

Tes TOEIC® telah terbukti dalam dunia perkapalan sangat bermanfaat untuk mengukur kemampuan serta membantu awak kapal dalam berkomunikasi Bahasa inggris. Tes TOEIC® sudah dipercaya oleh ratusan perusahaan di 150 negara sebagai tes yang akurat dalam membuktikan kemampuan seseorang berkomunikasi dalam Bahasa inggris.

============================================================================================================================================================================

PERSIAPAN POLITEKNIK JAMBI DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN GLOBAL

Sebagai salah satu politeknik swasta di Jambi, Poljam menyadari bahwa semakin hari persaingan antar kampus-kampus lain di Jambi semakin ketat. Maka dari itu, untuk meningkatkan kualitas lulusan Poljam yang kompeten dan siap bersaing di dunia industri, Poljam menginginkan lulusannya memiliki sertifikasi berstandar internasional.

                                                                          

Sejak tahun 2014, Politeknik Jambi mewajibkan setiap mahasiswa akhir untuk mengikuti tes TOEIC®. Pada tanggal 26 Agustus 2017, sebanyak 61 mahasiswa Poljam mengikuti tes TOEIC® yang dilaksanakan di kampusnya.

Hal ini pun disambut baik oleh mahasiswa tingkat akhir di Poljam karena mereka merasa terpacu untuk meningkatkan kemampuan Bahasa inggris. Tidak hanya itu, hasil belajar yang selama ini dijalankan oleh para mahasiswa juga dapat diukur melalui tes TOEIC® dengan assesmen yang valid dan berstandar internasional.

Sertifikasi yang nantinya didapatkan oleh mahasiswa dapat dijadikan sebagai salah satu surat pendamping keterangan ijazah yang dapat memudahkan mahasiswa mencari kerja. Sejak tahun 1979, TOEIC® dipercaya sebagai salah satu bukti yang dapat membantu semua kalangan untuk berkembang dalam berkomunikasi secara internasional dengan menggunakan Bahasa Inggris.

============================================================================================================================================================================

MENINGKATKAN KUALITAS KARYAWAN PT TOKYU CONSTRUCTION INDONESIA DENGAN TOEIC®

PT Tokyu Construction Indonesia merupakan salah satu perusahaan asal Jepang yang mengekspansi bisnisnya di Indonesia memilih TOEIC® dalam meningkatkan kualitas karyawannya

Sebanyak 60 karyawan PT Tokyu Construction Indonesia level manajerial mengikuti tes TOEIC® yang diadakan di Plaza Sentral, Jakarta pada tanggal 16 dan 23 September 2017. Tes yang diwajibkan bagi karyawan lokal maupun berasal dari Jepang ini dijadikan sebagai salah satu acuan bahan evaluasi perusahaan untuk mengukur kemampuan karyawan dalam berbahasa inggris.

                                                                             

Dengan adanya pelaksanaan ujian tersebut, maka pihak manajemen PT Tokyu Construction Indonesia dapat segera melakukan pengembangan bagi karyawan untuk meningkatkan kualitas mereka. Tes TOEIC® dipercaya sebagai salah satu alat ukur yang tepat bagi karyawan PT Tokyu Construction Indonesia.

TOEIC® merupakan sertifikasi berstandar internasional untuk mengukur kemampuan berkomunikasi Bahasa Inggris di dunia kerja. Dengan adanya sertifikasi tersebut dapat membuktikan kompetensi karyawan berstandar internasional.

============================================================================================================================================================================

BERBAGI ILMU DALAM ACARA INDONESIA KNOWLEDGE FORUM VI-2017

Salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk menambah wawasan serta pengetahuan adalah dengan berbagi ilmu dengan sesama. Pada kali ini, ITC mendapat kesempatan untuk berbagi ilmu dalam acara Indonesia Knowledge Forum VI-2017 yang diselenggarakan oleh BCA. Acara yang diselenggarakan selama 2 hari, 3-4 Oktober 2017 bertemakan Moving Our Nation to the Next Level. Tidak hanya expo, BCA juga menyediakan conference untuk memberikan inspirasi serta wawasan kepada para pengunjung maupun exhibitor.

Dalam expo tersebut, ITC diberikan kesempatan sebagai salah satu exhibitor yang terpilih untuk memberikan inspirasi serta ilmu kepada para pengunjung. ITC berharap dengan adanya expo ini, masyarakat mulai sadar mengenai pentingnya sertifikasi kemampuan dasar sebagai salah satu pendukung kualitas diri mereka dan untuk menjadi yang terdepan dalam persaingan dunia kerja global.

Sertifikasi yang diinformasikan dalam expo ini adalah TOEIC® dan IC3. TOEIC® adalah sertifikasi berstandar internasional untuk mengukur kemampuan berkomunikasi dengan Bahasa Inggris di dunia kerja dan IC3 mengukur kemampuan dibidang komputer dasar. Dengan dimilikinya kedua sertifikasi ini akan membuktikan kompetensi seseorang atas kemampuan yang dibutuhkan di dunia kerja.

ITC selalu berusaha mewujudkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia salah satu dengan berbagi informasi melalui forum-forum nasional.

============================================================================================================================================================================

PENERAPAN TOEIC® DI UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN MEDAN

Salah satu universitas ternama dan terbesar di Medan, Universitas HKBP Nommensen Medan menggunakan TOEIC® sebagai salah satu Surat Keterangan Pelengkap Ijazah (SKPI) bagi lulusannya. Selain itu Universitas HKBP Nommensen Medan juga menjadi penyelenggara resmi tes TOEIC® untuk wilayah kota Medan dan sekitarnya.

Hal ini ditandai dengan penandatanganan kerja sama antara Universitas HKBP Nommensen dengan PT International Test Center selaku perwakilan tunggal TOEIC® di Indonesia yang dilakukan pada hari Sabtu tanggal 3 Juni 2017.

Universitas HKBP Nommensen memilih TOEIC® dengan pertimbangan TOEIC® merupakan tes yang menguji kemampuan Bahasa Inggris untuk berkomunikasi sehari-hari dan telah digunakan oleh berbagai perusahaan di dunia. Sehingga TOEIC® adalah tes bahasa Inggris yang paling sesuai untuk kebutuhan lulusannya dalam memenangkan persaingan di dunia kerja.

Tidak hanya melaksanakan tes TOEIC® untuk kalangan internal dan mahasiswanya. Universitas HKBP Nommensen juga menyediakan layanan bagi warga Medan dan sekitarnya yang mengikuti tes TOEIC®, pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui daftartes.itc-indonesia.com. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Ibu Ayu yang bertempat di Office of International Affairs (OIA) Universitas HKBP Nommensen Medan di nomor telpon 061 - 4522922 / 4522831 atau surel Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. 

============================================================================================================================================================================

PENANDATANGAN PERJANJIAN KERJASAMA PROGRAM SERTIFIKASI AUTODESK CERTIFIED USER

Dalam rangka peningkatan akreditas dan daya saing lulusannya, Fakultas Teknik Sipil & Perencanaan(FTSP) Universitas Trisakti akan mensertifikasi lulusannya menggunakan Autodesk Certified User (ACU). Kebijakan ini diwujudkan dengan ditandatanganinya kerja sama FTSP Universitas Trisakti dengan Inti Teladan Cendekia yang akan menyediakan sertifikasi Autodesk Certified User.

Bertempat di ruang rapat dosen FTSP Universitas Trisakti, penandatangan kerja sama ini dilakukan pada Senin 21 Agustus 2017 oleh Ibu Jenny Lee selaku Direktur Operasional Inti Teladan Cendekia yang merupakan bagian dari Internasional Test Center dan Bapak Dr. Ir. Bambang Endro Yuwono yang merupakan dekan FTSP Universitas Trisakti. Kerja sama ini akan berlaku 5 tahun sejak penanda tanganan ini.

  

Autodesk Certified User diterbitkan oleh Autodesk, program yang banyak digunakan oleh bidang teknik sipil secara global akan memastikan bahwa mahasiswa FTSP Universitas Trisakti kemampuan desain yang mumpuni dengan menggunakan Autodesk dimana yang diukur meliputi kemampuan mengkreasi, mengedit, membuat layout dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan sertifikasi berstandar internasional ini akan menjamin lulusan FTSP Universitas Trisakti mahir mendesain sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

============================================================================================================================================================================

IC3 DI UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI MEDAN

Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) Medan menjadikan IC3 sebagai bagian dari SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah) untuk para lulusan dan menambah portofolio bagi para pegawai dan alumninya.
Pada tanggal 28-29 April 2017, sebanyak 688 orang yang terdiri dari mahasiswa, alumni dan pegawai UNPAB menjalani tes IC3, tes berstandar internasional untuk mengukur kemampuan dasar dibidang komputer dan internet.

IC3, tes dari Certiport salah satu anak usaha Pearson, terdiri dari 3 modul yaitu Computing Fundamentals yang menguji pengetahuan mengenai cara kerja komputer, Key Applications yang menguji tentang pengetahuan program aplikasi yang sering digunakan dan Living Online menguji pemahaman mengenai dunia internet. Setiap kelulusan di setiap modul akan mendapatkan Achievement Credential dan apabila lulus disemua modul akan mendapatkan tambahan credential berupa sertifikat yang berlaku internasional.

    

Banyak manfaat yang diperoleh setelah mengikuti tes IC3 ini salah satunya adalah dapat mengukur kemampuan sebenarnya seseorang dibidang komputer dan internet seperti yang disampaikan oleh Bapak Daud Arifin, Jabatan Sebagai Tenaga Administrasi LPPRO UNPAB, “Dengan adanya tes IC3 ini, banyak hal yang harus dipelajari kembali, meskipun selama ini kita banyak belajar secara otodidak.”

Selain itu UNPAB resmi menjadi lokasi tes resmi untuk IC3 di kawasan Sumatera Utara. Tidak hanya untuk kalangan internal UNPAB, UNPAB juga menyediakan layanan penyelenggaraan tes IC3 bagi warga Sumatera Utara yang tertarik mengikutinya.

============================================================================================================================================================================

POLINELA RESMI MENJADI CTAS TOEIC® DAN STANDAR KELULUSAN MAHASISWANYA

Satu lagi politeknik negeri di Indonesia yang mensertifikasi kemampuan Bahasa Inggris mahasiswanya dengan TOEIC®. Pada tanggal 14 Juni 2017 bertempat di kampus Polinela telah ditandatangani kesepakatan kerja sama antara Politeknik Negeri Lampung dan PT International Test Center selaku perwakilan tunggal TOEIC® di Indonesia. Kerja sama ini menandai resminya lulusan Polinela akan memiliki score report TOEIC® selain ijazah dan transkrip nilai sehingga diharapkan dapat memenangkan persaingan di dunia kerja.

 

Tes pertama diadakan pada tanggal 30 Agustus 2017 bagi mahasiswa tingkat akhirnya.

    

 

Selain itu melalui kerja sama ini Polinela juga resmi menjadi CTAS TOEIC® untuk kawasan Lampung. Dengan menjadi CTAS, Polinela tidak hanya menyelenggarakan tes TOEIC® bagi kalangan internal namun juga menyediakan layanan bagi individu di luar Polinela yang ingin melaksanakan tes TOEIC®.

Bagi yang tertarik mengikuti tes TOEIC® di Polinela yang beralamat di Jalan Soekarno Hatta No.10, Bandar Lampung, Provinsi Lampung, dapat mendaftar secara online melalui daftartes.itc-indonesia.com . Informasi lebih lanjut dapat menghubungi bapak Yusep Windu Ari Wibowo melalui telepon di 0721-703995 atau surel berikut Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. 

============================================================================================================================================================================

TOEIC® SEBAGAI PERSYARATAN KELULUSAN MAHASISWA UNIVERSITAS YARSI

Sebanyak 514 mahasiswa yang akan lulus dari Universitas Yarsi Jakarta mengikuti tes TOEIC® yang diadakan pada 7 & 10 Juni 2017. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin Universitas Yarsi sejak tahun 2012.

Dengan sertifikasi TOEIC® menjadi lampiran selain ijazah dan transkrip nilai dalam aplikasi lamaran kerja para lulusannya, hal ini akan menjadi membuktikan bahwa mereka memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang mumpuni, sehingga diharapkan lulusan Universitas Yarsi dapat menjadi lulusan siap kerja yang mudah terserap di dunia kerja global.

Universitas Yarsi memilih TOEIC® karena merupakan tes yang berfokus menguji penguasaan Bahasa Inggris yang digunakan di dunia kerja. Selain itu dengan sistem pelaksanaan tes yang ketat dan tidak memungkinkan terjadinya kecurangan akan menjamin skor TOEIC® yang dihasilkan benar-benar mencerminkan kemampuan Bahasa Inggris para lulusan Universitas Yarsi.

Dengan memilih sertifikasi berstandar internasional, Universitas Yarsi membuktikan komitmennya dalam mewujudkan cita-citanya menjadi universitas yang mampu diperhitungkan di dunia global. 

============================================================================================================================================================================

IMPLEMENTASI TOEIC® SPEAKING OLEH POSCO ICT 

Setiap 2 bulan sekali, karyawan POSCO ICT Indonesia yang berasal dari Korea mengikuti tes TOEIC® Speaking dalam rangka memenuhi kebijakan yang telah ditentukan oleh kantor pusat POSCO ICT.

POSCO ICT Indonesia yang beroperasi di Serang Banten merupakan sebuah perusahaan asing/swasta yang berasal dari Korea yang bergerak dalam layanan menyeluruh dibidang IT seperti perawatan, sistem, infrastruktur hingga pengembangan lebih lanjut. POSCO ICT sendiri telah membuka cabang di beberapa negara diantaranya China, Indonesia, Vietnam dan Brazil.

TOEIC® telah menjadi standar bagi POSCO ICT dalam mengukur kemampuan Bahasa Inggris karyawannya. Telah dipercaya dilebih dari 150 negara selama lebih dari 30 tahun, sehingga mampu membantu POSCO ICT dalam mengukur kemampuan dasar karyawannya yang berada di berbagai negara.

Walau diselenggarakan oleh perwakilan yang berbeda-beda di setiap negara, POSCO ICT tetap akan mendapatkan hasil akurat dan dapat diperbandingkan. Hal ini dikarenakan tidak adanya perbedaan standar penyelenggaraan, buku tes dan metode pengukuran TOEIC®. ETS sebagai pemilik tes TOEIC® secara konsisten memantau untuk memastikan hal tersebut.

TOEIC® speaking adalah bagian dari TOEIC® Product Family yang mengukur kemampuan aktif seseorang dalam berbicara dengan Bahasa Inggris dengan pelaksanaan tes berbasis online menggunakan internet. Hasil tes akan dinilai oleh penilai kompeten dan berpengalaman langsung dari ETS yang bertempat di New Jersey Amerika Serikat.

POSCO ICT menjadi salah satu bukti terpercayanya TOEIC® sebagai standar internasional dalam mengukur kemampuan karyawannya yang berada di berbagai negara. 

============================================================================================================================================================================

TOEIC® DI PT PANASONIC GOBEL ENERGY INDONESIA

TOEIC® telah menjadi standar internasional bagi berbagai perusahaan multinasional yang berasal dari Jepang, salah satunya adalah PT Panasonic Gobel Energy Indonesia (PGCI). Sebanyak 71 karyawan PGCI dari berbagai lini mulai dari staff hingga manager mengikuti tes TOEIC ® yang diadakan pada hari Rabu tanggal 14 Juni 2017.

Tes ini diadakan berdasarkan instruksi dari kantor pusat Panasonic yang menginginkan agar semua lini mengetahui tingkat kemampuan Bahasa Inggrisnya sehingga dapat mengambil langkah selanjutnya untuk meningkatkan kemampuan yang dibutuhkan dalam berkomunikasi sehari-hari untuk menjalankan pekerjaannya.

     

TOEIC® dipilih Panasonic karena hasil yang akurat sesuai dengan kemampuan sebenarnya dan dapat diperbandingkan walau tes dilaksanakan diberbagai negara. Pihak pusat Panasonic dapat menggunakan TOEIC® dalam melakukan pemetaan secara global dan menjadi dasar pertimbangan dalam mengambil kebijakan secara obyektif terkait kemampuan Bahasa Inggris karyawannya yang berada diberbagai negara .

Tidak hanya sebagai slogan, TOEIC telah terbukti menjadi standar internasional karena selama lebih dari 30 tahun telah digunakan oleh lebih 14.000 organisasi dilebih dari 150 negara. 

============================================================================================================================================================================

PENGGUNAAN TOEIC® UNTUK ASESMEN KARYAWAN PT DANAREKSA

Sebanyak 78 karyawan PT Danareksa (persero) dan PT Danareksa Investment Management dari berbagai jenjang jabatan mengikuti tes TOEIC® yang diadakan di kota Jakarta dan Surabaya pada pertengahan bulan Juni dan Juli 2017.

Sebagai BUMN yang bergerak dalam layanan manajemen investasi, PT Danareksa ingin memastikan selalu menjadi yang terdepan terutama menghadapi tantangan persaingan dunia global. Salah satunya dengan menyiapkan karyawan yang mampu menjadi perwakilan PT Danareksa dalam mencapai tujuannya di dunia global.

TOEIC® dipilih karena merupakan tes Bahasa Inggris yang berfokus menguji kemampuan Bahasa Inggris seseorang saat berkomunikasi di dunia kerja. Dengan pengalaman lebih dari 30 tahun, TOEIC® telah terbukti mampu menyajikan hasil berupa skor yang valid sesuai dengan kemampuan sebenarnya dan akurat sesuai kebutuhan institusi. Sehingga TOEIC® membantu PT Danareksa dalam memastikan apakah tingkat kemampuan Bahasa Inggris karyawannya telah sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

PT Danareksa menambah daftar BUMN Indonesia yang telah menggunakan TOEIC® dalam pengukuran kemampuan Bahasa Inggris karyawan dengan menggunakan standar internasional.

============================================================================================================================================================================

PENGUKURAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS PARA MANAGER PT TOPY PALINGDA MANUFACTURING INDONESIA

Sejak tahun 2014, PT Topy Palingda Manufacturing Indonesia menggunakan TOEIC® dalam mengukur kemampuan Bahasa Inggris karyawan pada tingkat managerial. Pada tanggal 20 Juli 2017 telah terselenggara tes TOEIC® untuk 4 orang managernya.

PT Topy Palingda Manufacturing Indonesia (TPMI) merupakan perusahaan dibidang produksi velg kendaraan roda 4 atau lebih dengan merek Topy. Perusahaan ini berdiri pada tahun 2013 dan merupakan joint venture antara PT Pakoakuina Indonesia dengan Topy Industries Limited Jepang.

    

TPMI memilih TOEIC® dengan pertimbangan karena selain merupakan tes yang paling banyak digunakan di Jepang, hasil tes yang diberikan sesuai dengan kemampuan sebenarnya para pemilik skor. Skor valid ini menjadi bahan pertimbangan akurat untuk TPMI memastikan kemampuan Bahasa Inggris para manager tersebut sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Selain itu skor TOEIC® ini dapat dijadikan sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam program pengembangan karyawan lainnya.

TOEIC® mampu mengukur kemampuan seseorang secara obyektif berdasarkan jenjang jabatan yang berbeda-beda. Hal ini dikarenakan TOEIC® memiliki Can Do Level Table yaitu penjelasan lengkap pada setiap skor mengenai hal yang dapat dilakukan seseorang dengan menggunakan Bahasa Inggris. Standar kamampuan Bahasa Inggris setiap jenjang jabatan dapat ditentukan dengan cara menentukan skor berdasarkan Can Do Level table dengan menyesuaikan kemampuan Bahasa Inggris yang dibutuhkan pada setiap jenjang jabatan.
TOEIC® merupakan solusi atas kebutuhan standar Bahasa Inggris bagi berbagai institusi perusahaan. 

============================================================================================================================================================================

RATUSAN SISWA SMP DI JAKARTA, DEPOK DAN BOGOR MENGIKUTI TES TOEFL JUNIOR®

TOEFL Junior® merupakan diversifikasi dari tes TOEFL® yang sudah dikenal sebelumnya. Tes TOEFL® diperuntukan bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi ke luar negeri sedangkan TOEFL Junior® diperuntukan untuk menguji kemampuan bahasa Inggris bagi para siswa sekolah menengah.

ITC yang merupakan perwakilan tunggal untuk TOEFL Junior® di Indonesia, bekerja sama dengan Suku Dinas Pendidikan di 3 wilayah DKI Jakarta, yaitu Jakarta Barat I & II, Jakarta Selatan I & II dan Jakarta Timur II mengadakan pilot test TOEFL Junior® dalam rangka mengukur kemampuan Bahasa Inggris siswa SMP yang diadakan pada bulan Juni 2017.

   

Dengan mengetahui skor yang diraih para siswa, para guru dapat mengukur tingkat kemampuan Bahasa Inggris para siswa dan efektifitas pengajarannya. Diharapkan hasil tes ini dapat menjadi data berharga bagi para guru dalam menjalankan tugas mulia mencerdaskan generasi muda Indonesia. Bagi siswa, pelaksanaan program ini menambah pengalaman mereka dalam mengikuti tes berstandar internasional sekaligus mengetahui tingkat kemampuan mereka bila dibandingkan dengan standar yang berlaku global.

Tidak hanya dengan wilayah DKI Jakarta, program ini juga dijalankan di kota Depok dan Kabupaten Bogor dengan bekerja sama dengan pihak Dinas Pendidikannya.

“Program ini sangat berguna bagi sekolah untuk mengetahui kemampuan berbahasa Inggris para siswa dan diharapkan dapat menjadi motivasi bagi para siswa untuk lebih giat mempelajari bahasa Inggris.”, demikian komentar Ibu Rini Indri Hastuti Kepala SMPN 182 Jakarta Selatan yang merupakan salah satu peserta program pilot test TOEFL Junior® ini.

Program ini menjadi salah satu wujud nyata ITC dalam mendukung pendidikan di Indonesia melalui pengembangan kemampuan individu melalui ketrampilan berbahasa Inggris. 

============================================================================================================================================================================

TOEIC® MENJADI STANDAR KELULUSAN DI UNIVERSITAS ISLAM AS-SYAFI'IYAH 

Dalam rangka meningkatkan kualitas lulusannya agar mampu bersaing secara global, Universitas As-Syafi’iyah akan menjadikan TOEIC® sebagai salah satu standar kelulusan. TOEIC® dipilih karena merupakan tes yang paling tepat untuk membuktikan kemampuan Bahasa Inggris yang dibutuhkan di dunia kerja, selain itu TOEIC® merupaka