Dukungan ITC dalam Acara Kebekerjaan SMK dalam Era Ekonomi Digital

Direktorat Pembinaan SMK(DPSMK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengadakan workshop “Kebekerjaan SMK Dalam Era Ekonomi Digital” pada hari Rabu, 9 Mei 2018 di Lombok City Center, Kota Mataram, Lombok. International Test Center (ITC) sebagai salah satu stakeholder DPSMK RI diundang untuk menjadi salah satu satu narasumber dalam kegiatan tersebut, Bapak Tonny Arbianto, selaku Director of Research, Scoring and Analyzing mewakili ITC untuk menyampaikan topik mengenai “Bilingual Learning Ecosystem: Memperbesar Peluang Kebekerjaan SMK”

Pada kesempatan kali ini, Pak Tonny menyampaikan bahwa Bahasa Inggris adalah bahasa komunikasi internasional yang bukan lagi menjadi suatu kewajiban untuk dipelajari, tapi merupakan suatu kebutuhan bila kita memang benar-benar mau menjadi warga dunia yang maju dan berwawasan global. Selain itu, Pak Tonny juga mengatakan bahwa di era yang serba digitalisasi seperti sekarang ini, belajar tidak bisa lagi dibatasi oleh waktu dan tempat. Banyak sekali pilihan belajar mandiri yang dilakukan secara online sehingga dapat diakses dari mana saja dan kapan saja.

Dalam mendukung kegiatan Lomba Kompetensi Siswa SMK (LKS), ITC memberikan program pelatihan literasi digital menggunakan program dari Certiport, Amerika Serikat yaitu G-metrix Internet and Computing Core Certification (IC3) bagi para siswa SMK yang berpartisipasi dalam kegiatan ini. Semoga program dukungan ini dapat memberikan motivasi bagi siswa SMK dalam meningkatkan kompetensinya dalam bidang komputer.