Penerapan TOEIC® di Merpati Training Center

Dalam dunia penerbangan, kemampuan berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris tidak dapat dipungkiri lagi menjadi hal yang sangat penting untuk dikuasi. Tidak hanya berkomunikasi dengan sesama pilot tetapi yang paling penting adalah saat para pilot harus berkomunikasi dengan Air Traffic Controller team di luar negeri maupun di dalam negeri. Selain kemampuan secara teknis sebagai pilot, dapat dikatakan kemampuan berkomunikasi dengan bahasa Inggris menjadi hal yang dibutuhkan dalam menjalankan tugas yang menyangkut keselamatan penumpang selama menempuh perjalan udara.

Melihat pentingnya peranan bahasa Inggris dalam dunia penerbangan, Kementerian Perhubungan telah menetapkan bahwa setiap kandidat pilot harus memiliki nilai TOEIC® (Test of English for International Communication) minimum 700. Ini merupakan standar yang harus ditepati untuk menunjukkan kemampuan bahasa Inggris mereka.

Untuk mendukung peraturan tersebut, Merpati Training Center (MTC) yang merupakan salah satu sekolah penerbangan di Indonesia mewajibkan calon siswanya untuk memiliki nilai TOEIC® minimal 400. Harapannya setelah mengikuti pendidikan pilot di MTC, para lulusannya dapat mencapai nilai yang ditetapkan Kementrian Perhubungan. Dengan adanya persyaratan TOEIC® dalam proses pendaftaran siswa MTC, diharapkan siswa lulusan MTC dapat bersungguh-sungguh meningkatkan kemampuan bahasa Inggrisnya dan nantinya dapat bersaing di kancah internasional.