Persiapan SMKN 1 Denpasar menghadapi MEA

Salah satu SMK di Bali, yakni SMKN 1 Denpasar, menerapkan sertifikasi TOEIC® sebagai surat keterangan pendamping ijazah (SKPI) bagi siswa tingkat akhirnya. Sebagai salah satu sekolah kejuruan yang paling di unggulkan di Bali, bapak I Ketut Suparsa, S.T, M.T, selaku kepala sekolah, mengetahui dengan benar bahwa diperlukan sertifikasi berstandar internasional dalam menghadapi era globalisasi.

Melihat peranan TOEIC® sebagai salah satu sertifikasi berstandar internasional, pada tanggal 30 November 2018 telah dilakukan penandatangan kerjasama antara SMKN 1 Denpasar dengan PT Uno Amico Indoensia (IPN – ITC Partners Network). Menurut Bapak Suparsa, dalam menghadapi masyarakat ekonomi asean (MEA) diperlukan nilai tambah bagi para tenaga kerja Indonesia yang berlaku secara internasional, untuk itu keputusan untuk mensertifikasikan para siswa dengan sertifikasi bahasa Inggris dengan test TOEIC ® dilakukan.

Beliau juga mengetahui bahwa pemerintah pusat sudah ikut berkontribusi dalam mensertifikasikan para lulusan siswa SMK dengan menyertakan pengalokasian dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk test TOEIC®, untuk pengalokasian dana tersebut sebagian akan diarahkan untuk sertifikasi TOEIC®.

Harapannya dengan adanya kerjasama ini, para lulusan SMKN 1 Denpasar dapat memiliki bekal yang baik untuk menghadapi kompetisi di dunia kerja baik nasional maupun internasional