Revitalisasi SMK

Revitalisasi SMK

Perhatian pemerintah terhadap kualitas Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) semakin terlihat, hal ini dibuktikan dengan keluarnya Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016, mengenai revitalisasi SMK. Revitalisasi SMK sangat penting dilakukan saat ancaman teknologi desruptif mulai terlihat nyata di dunia industri. Lulusan SMK dengan keterampilan di suatu bidang serta memiliki wawasan global sangatlah diperlukan agar keterserapan tenaga kerja dari lulusan SMK terus meningkat. Faktor yang dapat menunjang kompetensi lulusan SMK agar dapat bersaing dalam dunia kerja adalah melaksanakan pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan dunia industri dan juga pembekalan sertifikasi kompetensi bagi para calon lulusannya. 

Informasi mengenai Instruksi Presiden No. 9 Tahun 2016 dapat dilihat disini

Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan No.1 tahun 2018

Dengan dikeluarkannya Peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan No.1 tahun 2018 tentang petunjuk teknis bantuan operasional sekolah (Dana BOS). Dalam peraturan tersebut dijelaskan bahwa TOEIC® yang asli berasal dari ETS dijadikan sebagai salah satu uji kompetensi kejuruan yang diperuntukan bagi kelas XII (program SMK 3 Tahun dan kelas XIII (program SMK 4 tahun). Ini menunjukkan bahwa pemerintah serius untuk mewujudkan lulusan SMK yang dapat bersaing di dunia global, dengan memiliki sertifikasi Bahasa Inggris TOEIC® siswa SMK dapat lebih percaya diri bersaing dengan lulusan dari luar negeri.

Informasi lebih lanjut dapat dilihat disini

Program Jaminan Mutu SMK 2018

Dalam upaya mendukung revitalisasi SMK, International Test Center (ITC) memberikan layanan untuk menjamin mutu lulusan SMK melalui uji kompetensi dan sertifikasi internasional. Adapun program sertifikasi yang ditawarkan sebagai berikut:

Testimoni

TOEIC® ini SMK make good influence for the vocational students success especially for job seeker students they can use the certificate to prove that they can speak english and their capability in english

Nelly Rahmawati Ningsih

SMK Bhinneka Karawang

 

Sertifikat TOEIC® sangat membantu sebagai bahan referensi siswa pada saat wawancara kerja dan mempunyai nilai plus saat diwawancarai dengan menggunakan bahasa Inggris dan hasilnya mereka diterima ditempat kerja yang berkompeten dibidangnya. 

-Tuti-

SMKN 1 Cikarang Barat

 

Di penghujung Tahun Pelajaran 2017/2018 siswa kelas XII SMK Negeri 1 Kebumen mengikuti Uji Kompetensi Bahasa Inggris Internasional. Sebelum mengikuti Sertifikasi Internasional ini, sehari sebelumnya seluruh siswa kelas XII telah mengikuti tes VIERA (Vocational Institutional English Readiness Assesment). Tujuan dari kedua kegiatan ini adalah untuk memberikan bekal kesiapan siswa dalam menempuh Ujian Nasional Berbasisi Komputer (UNBK) sekaligus sebagai bentuk usaha peningkatan kualitas lulusan SMK Negeri 1 Kebumen dalam menghadapi kompetisi di dunia kerja tidak hanya bersifat lokal, tetapi juga internasional, karena setelah menempuh Uji kompetensi ini siswa berhak mendapatkan Sertifikat yang berlaku internasional.

-Mustakim-

Guru B.Inggris SMKN 1 Kebumen

Pelaksanaan Program Revitalisasi di SMK

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi

k
Awalia Rizki Ramdhani (081584093122)
 

PT International Test Center

Plaza Sentral, lantai 17

Jl. Jend. Sudirman Kav. 47

Jakarta 12930