Sertifikasi Literasi Digital dalam mewijudkan Indonesia 4.0

Di era revolusi industri 4.0, literasi dgital sangat diperlukan dalam menghadapi kemajuan teknologi yang semakin pesat. Dalam menghadapi kemajuan tersebut, International Test Center (ITC) bekerjasama dengan beberapa dinas pendidikan di Indonesia mengadakan program pembekalan kepada siswa SMA maupun SMK melalui sertifikasi internasional literasi digital, IC3. Sertifikasi ini dianggap paling sesuai dengan kebutuhan industri saat ini, karena IC3 dapat menilai aspek pemahaman dasar komputer seseorang mulai dari pemahaman perangkat lunak & keras (Computing Fundamental), Microsoft Office (Key Application), dan jaringan komunikasi & internet (Living Online).

Dalam program ini, ITC menggandeng 3 dinas pendidikan pemerintah (Disdik) yaitu Disdik Bogor, Disdik DKI Jakarta dan Disdik Kepulauan Riau. Sertifikasi IC3 yang diberikan hanya 1 modul yaitu Key Application, karena pengujuan skill dalam modul ini dinilai paling sesuai untuk dimiliki oleh para lulusan SMK dan SMA. Sebanyak 4000 sertifikasi akan di distribusikan kepada 3 Disdik tersebut dan nantinya dapat dijadikan sebagai nilai tambah surat keterangan pendamping ijazah (SKPI). Sertifikasi IC3 akan dibagikan kepada sekolah dan siswa terpilih di masing-masing wilayah berdasarkan proses seleksi yang dilakukan oleh disdik wilayah tersebut. Pelaksanaan sertifikasi tersebut sudah dimulai sejak November 2018 dan berakhir pada bulan Desember 2018.

Sebelum sertifikasi dilaksanakan, ITC memberikan sosialisasi kepada SMA dan SMK terpilih dimana dalam sosialisai tersebut dijelaskan jenis-jenis sertifikasi IC3, fungsi serta langkah-langkah dalam melaksanakan ujian sertifikasi IC3. Hingga saat ini, telah dilakukan lebih dari 700 sertifikasi IC3 di wilayah Bogor dan selanjutnya akan dilaksanakan kembali di Bogor, Jakarta, dan KEPPRI. Semoga dengan adanya program sertifikasi literasi digital IC3 dapat menambah kepercayaan diri siswa-siswi SMA maupun SMK dan mempersiapkan mereka dalam menuju Indonesia 4.0. tvp/rnb