TOEFL iBT® sebagai Syarat Penerimaan Beasiswa S3 Ditjen Bimas Kristen Kementerian Agama RI

Dalam meraih beasiswa keluar negeri diperlukan kemampuan Bahasa Inggris dengan skor tertentu yang disyaratkan oleh pemberi beasiswa maupun universitas luar negeri yang mereka dipilih. Pembuktian kemampuan Bahasa Inggris seseorang dapat ditunjukan dengan sertifikat kompetensi Bahasa Inggris yang otentik dengan standard International. Salah satu sertifikat yang sering dijadikan sebagai persyaratan adalah TOEFL iBT®.

Pada tanggal 15 September 2018, Ditjen Bimas Kristen Kementerian Agama RI bekerjasama dengan International Test Center (ITC) melaksanakan ujian TOEFL iBT® bagi calon peserta beasiswa pendidikan strata tiga (S3) studi luar negeri bagi dosen perguruan tinggi keagamaan negeri atau swasta. Lebih dari 20 peserta mengikuti rangkaian ujian TOEFL iBT® yang nantinya akan digunakan sebagai lampiran dokumen untuk beasiswa ke beberapa negara tujuan seperti Belanda, Korea dan Filipina.

TOEFL iBT® merupakan salah satu English Test Requirement yang diterima oleh 130 negara termasuk US, UK, Canada, Australia untuk keperluan akademik atau admission. tvp/rnb