TOEIC®

TOEIC® (Test of English for International Communication)

Selama hampir 40 tahun, TOEIC® menjadi standar untuk pengukuran kemampuan Bahasa Inggris di dunia kerja. Saat ini, TOEIC® telah digunakan di 14.000+ perusahaan, institusi pemerintah dan program pembelajaran bahasa Inggris di lebih dari 160 negara. Sepiat tahunnya lebih dari 7 juta orang mengikuti tesnya.

Berdasarkan penelitian dan standar ketat, TOEIC® didesain secara khusus untuk mengukur kemampuan individu dalam berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris di kehidupan sehari-hari. TOEIC® menguji secara detail di 4 area berkomunikasi yaitu mendengarkan, membaca, berbicara dan menulis.

Tes TOEIC® juga telah dipetakan pada CEFR sehingga dapat memberikan data yang komprehensif dan comparable yang dibutuhkan untuk dapat mengevaluasi individu secara akurat dan obyektif kapanpun dan dimanapun tanpa memperhatikan latar belakangnya.

TOEIC® program terdiri dari:
1. TOEIC® Listening and Reading Test
2. TOEIC® Speaking and Writing Tests
3. TOEIC Bridge™

MEMBANGUN TENAGA KERJA YANG LEBIH TERAMPIL

Digunakan oleh 14.000+ organisasi dilebih dari 160 negara, TOEIC® menjadi standar global untuk pengukuran kemampuan Bahasa Inggris. TOEIC® mampu memberikan hasil yang dapat diandalkan, komprehensif dan comparable yang dapat memberikan informasi penting sebagai bahan pertimbangan dalam proses rekrutmen, promosi dan penilaian dalam memilih orang terbaik untuk posisi dimana kemampuan Bahasa Inggris sangat diperlukan.

Tes TOEIC® mengukur kemampuan seseorang di 4 area berbahasa yaitu mendengarkan (listening), membaca (reading), berbicara (speaking), dan menulis (writing) yang dibutuhkan di dunia kerja dengan skor yang telah dipetakan pada CEFR. Skor TOEIC® juga memberikan penjelasan detail mengenai kemampuan Bahasa Inggris yang perlu dikembangkan untuk mencapai performa terbaik.

Dengan TOEIC® anda dapat memperkuat talent pool anda dengan data akurat dan mampu mengembangkan karyawan untuk memiliki kemampuan sesuai kebutuhan perusahaan anda.

MENYIAPKAN LULUSAN SIAP KERJA TERBAIK

TOEIC® mengukur kemampuan Bahasa Inggris siswa/mahasiswa pada 4 area berbahasa dengan skor yang telah dipetakan pada CEFR. Berdasarkan pada penelitian mendalam dan standar ketat, TOEIC® memberikan data komprehensif dan comparable yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan saat penerimaan, pemetaan kemampuan dan pembekalan siswa/mahasiswa yang secara tidak langsung juga dapat menunjukan efektifitas dari program pembelajaran Bahasa Inggris yang telah diberikan.

TOEIC® sangat membantu dalam mencapai kesuksesan institusi Anda. Dengan skor TOEIC®, pengajar mampu menganalisa kemampuan siswa/mahasiswa yang kemudian dijadikan dasar pertimbangan dalam penentuan target pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris siswa/mahasiswa Anda secara keseluruhan. Hasilnya lulusan yang Anda ciptakan akan menjadi tenaga kerja siap kerja yang mampu meningkatkan reputasi institusi Anda dimata perusahaan dan mampu menarik lebih banyak calon siswa/mahasiswa untuk menuntut ilmu di institusi Anda.

Dikenal secara internasional sebagai tes Bahasa Inggris dengan hasil cepat dan telah digunakan di lebih dari 14.000 organisasi di seluruh dunia, TOEIC® merupakan tes dengan standar terbaik untuk menyiapkan siswa/mahasiswa dengan standard terbaik.

MENDUKUNG REPUTASI INTERNASIONAL ANDA

Selama hampir 40 tahun sebagai yang terdepan dibidang asesmen dan memiliki komitmen kuat untuk selalu meningkatkan kualitas melalui penelitian berkala, di 14.000+ organisasi dilebih dari 150 negara mengandalkan TOEIC® untuk pengukuran kemampuan Bahasa Inggris yang akurat. Mengukur kemampuan bahasa Inggris meliputi kemampuan mendengarkan (listening), membaca (reading), berbicara (speaking) dan menulis (writing) yang dibutuhkan dunia kerja dan telah dipetakan pada CEFR, TOEIC® menyediakan data komprehensif dan comparable yang dibutuhkan untuk mengembangkan pegawai Anda agar mampu mewakili negara dalam berbagai kebutuhan.

TOEIC® dapat digunakan untuk menyusun standar pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris secara lebih efektif. Dengan menyusun standar global pada program pendidikan Bahasa Inggris serta didukung dengan pengajar berkualitas, Anda akan mampu menciptakan warga negara dan pegawai yang fasih berbahasa Inggris yang mampu diserap dunia kerja global. Dengan demikian Anda mampu meningkatkan taraf ekonomi mereka yang secara tidak langsung akan memakmurkan negara Anda. Hal ini dapat mendorong reputasi negara Anda secara global serta mendukung Anda untuk tampil memukau di pasar global dan di arena internasional.

MENANGKAN KOMPETISI DIDUNIA KERJA

TOEIC® dapat membantu memperluas kesempatan kerja Anda dimana banyak perusahaan dan organisasi lain membutuhkan karyawan yang memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang mumpuni. Bahasa Inggris Anda akan diukur secara akurat dan obyektif tanpa memandang latar belakang. Soal tes dibuat berdasarkan dengan suasana kerja yang sesungguhnya menyediakan evaluasi akurat tentang kemampuan berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Inggris di dunia kerja. TOEIC® yang merupakan tes berstandar global akan menjadikan Anda terdepan diantara saingan Anda.

Pendaftaran

Tahap Mendaftar

Cetak Score Report Tambahan

Ketentuan cetak score report tambahan:

  • Hanya berlaku untuk score report yang masih berlaku (2 tahun setelah tanggal pelaksanaan tes).
  • Dikenakan biaya cetak sebesar Rp 150.000,- perlembar dengan tidak ada batasan jumlah cetak.
  • Pembayaran melalui rekening Mandiri 122 000 4260 181 atau BCA 5910713797 atas nama International Test Center.
  • Bukti pembayaran dikirim melalui email ke juliana@itc-indonesia.com disertai salinan KTP dan score report yang akan dicetak.
    – Dokumen harus dikirim dari email pemilik score report, bukan dari email orang lain seperti keluarga, teman, rekan kerja dan lain-lain.
  • Email konfirmasi akan dikirimkan setelah pembayaran dan dokumen diterima.
  • Score report tambahan dapat diambil 1 (satu) hari kerja setelah mendapat email konfirmasi di International Test Center, Plaza Sentral lantai 17 Jalan Jendral Sudirman kav. 45 Jakarta.
    – Pengambilan harus dengan menunjukan kartu identitas asli yang masih berlaku seperti KTP/ SIM/ Paspor.
    – Apabila diwakilkan, pengambilan harus menyerahkan surat kuasa dengan materai Rp 6.000,- disertai dengan salinan kartu identitas pemberi kuasa dan yang diberi kuasa.
  • Informasi lain-lain silahkan hubungi 021-5711943 ext 201.

TOEIC® Listening and Reading mengukur seberapa baik seseorang memahami bahasa Inggris yang didengar atau dibaca dikehidupan sehari-hari. TOEIC® Listening and Reading merupakan pilihan lebih dari 7 juta peserta tes dalam setahun dan diakui oleh 14 ribu perusahaan dan lembaga pendidikan selama hampir 40 tahun.

Ketika TOEIC® Listening and Reading  diambil  bersama dengan TOEIC® Speaking and Writing, maka  skor TOEIC®  akan memberikan informasi  mengenai tingkat kemahiran bahasa Inggris secara keseluruhan yang terdiri dari empat keterampilan yaitu mendengarkan, membaca, berbicara dan menulis.

k
Unduh disini untuk informasi dalam bentuk brosur:

FORMAT TES

TOEIC® Listening & Reading adalah asesmen dengan format pilihan berganda yang terdiri dari 200 pertanyaan yang di bagi dalam 2 sesi.

1. Listening sections / sesi mendengarkan (45 menit)
Peserta tes akan mendengarkan percakapan dan pertanyaan dalam bahasa Inggris dan menjawabnya sesuai pemahaman mereka.

Photographs 10 pertanyaan
Question – Response 30 pertanyaan
Short Conversations 30 pertanyaan
Short Talks 30 pertanyaan

2. Reading Sections / sesi membaca (75 menit)
Peserta tes membaca bermacam bacaan dan menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan tersebut.

Incomplete Sentence 40 pertanyaan
Error Recognition & Text Completion 12 pertanyaan

Reading Comprehension

– Single Passage

– Double Passage

 

28 pertanyaan

20 pertanyaan

Informasi lebih detail mengenai materi tes, silahkan lihat pada halaman 2 dan 3 pada TOEIC® Listening and Reading Examinee Handbook

Unduh disini untuk contoh soal TOEIC® LR.

SKOR

Skor TOEIC® Listening & Reading terdiri dari dua bagian. Skor bagian listening dengan kisaran 5-495 dan bagian reading dengan kisaran 5-495. Sehingga total kisaran nilai TOEIC® adalah 10-990. Skor tersebut ditentukan berdasarkan jumlah soal yang dijawab dengan benar yang dikonversikan ke skala penentuan skor.

  • Score Descriptors
    TOEIC® Listening and Reading Score Descriptors” menyediakan informasi tambahan agar peserta tes semakin memahami kelebihan dan kekurangannya serta dapat mengidentifikasi hal-hal yang perlu dikembangkan. Unduh disini untuk tabel lengkapnya.
  • Penggunaan Skor
    Skore digunakan untuk mengukur seberapa baik peserta tes menggunakan kemampuan mendengar dan membaca dalam bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari yang sesungguhnya.
  • Masa Berlaku Skor
    Skor digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris peserta tes pada saat mengikuti tes. Karena kemampuan bahasa Inggris berubah dari waktu ke waktu maka skor hanya berlaku selama dua tahun setelah mengikuti tes.
  • Pemahaman mengenai Skor
    TOEIC® Listening and Reading Can-Do Guide dapat menjadi panduan untuk mengetahui makna skor TOEIC© Listening and Reading dalam konteks tertentu. Can-Do Guide menggambarkan apa saja yang dapat dilakukan oleh peserta tes dengan mudah, yang dapat dilakukan dengan beberapa kesulitan dan yang tidak dapat dilakukan oleh peserta tes. Unduh disini untuk informasi lengkapnya.

CREDENTIAL

  • INDIVIDUAL SCORE REPORT

Apabila peserta tes mengikuti tes TOEIC® Listening & Reading atas nama pribadi dan sesuai jadwal Public Test di ITC atau CTAS lain yang terdaftar, mereka akan menerima score report dengan keterangan Official Score Report.Score report dilengkapi dengan foto diri dan berisi rincian skor Listening, Reading dan total skor serta penjelasan kemampuan bahasa Inggris sesuai skor yang dicapai dengan format sederhana dan mudah dipahami.

 

 

 

 

 

 

  • INSTITUTIONAL SCORE REPORT

Apabila test taker mengikuti tes sesuai jadwal yang ditentukan oleh institusi tempat mereka bekerja atau menempuh pendidikan (perusahaan, organisasi pemerintahan, perguruan tinggi, sekolah dll), mereka akan menerima score report dengan keterangan Official Institutional Score Report.Score report berisi rincian skor Listening, Reading dan total skor serta penjelasan kemampuan bahasa Inggris sesuai skor yang dicapai dengan format sederhana dan mudah dipahami dan tanpa foto diri. Hasil tes semua peserta akan diberikan kepada institusinya dalam bentuk score roster.

 

 

 

 

 

 

  • SCORE ROSTER

Hanya dapat dipergunakan untuk kepentingan institusi saja, tidak dapat digunakan oleh peserta tes sebagai credential TOEIC ® mereka. Score roster mencantumkan :

  1. Skor setiap peserta tes (Skor Listening, Reading dan total skor)
  2. Skor keseluruhan pada sesi tersebut (rata-rata skor, distribusi frekuensi, rentang skor)
  3. Skor dari semua sesi di institusi yang sama
  4. Laporan khusus sesuai kebutuhan klien termasuk didalamnya hasil tes keseluruhan dalam periode tertentu dengan kategori tertentu

STANDAR CEFR

The Common European Framework of Reference for Languages: Learning, Teaching, Assessment (CEFR) dibuat oleh Council of Europe yang bertujuan untuk menyediakan penilaian kemampuan bahasa yang berlaku untuk semua bahasa di Eropa, termasuk bahasa Inggris. CEFR merupakan dasar pengelompokan kemampuan bahasa yang digunakan di Eropa dan mulai diadopsi oleh negara-negara lain, misalnya Kolombia dan Filipina.

CEFR merupakan gambaran umum kemampuan berbahasa seseorang yang dibagi dalam beberapa tingkatan yaitu: A1 – A2 (Basic User), B1 – B2 (Independent User), C1 – C2 (Proficient User). CEFR digunakan oleh instruktur bahasa, pendidik, pembuat kurikulum dan institusi yang bergerak di bidang pengembangan kemampuan bahasa untuk memahami kemampuan yang dimiliki seseorang yang berada pada level tertentu dalam CEFR.

Skor TOEIC® dapat dikorelasikan dengan CEFR sebagai berikut:

Sesi Rentang Skor Skor Minimum
A1 A2 B1 B2 C1
Listening 5 – 495 60 110 275 400 490
Reading 5 – 495 60 115 275 385 455

Deskripsi Kemampuan Berdasarkan Tingkatan CEFR

  C1   Can understand a wide range of demanding, longer texts, and recognise implicit meaning. Can express him/herself fluently and spontaneously without much obvious searching for expressions. Can use language flexibly and effectively for social, academic and professional purposes. Can produce clear,  well-structured, detailed text on complex subjects, showing controlled use of organisational patterns, connectors and cohesive devices.
  B2   Can understand the main ideas of complex text on both concrete and abstract topics, including technical discussions in his/her field of specialisation. Can interact with a degree of fluency and spontaneity that makes regular interaction with native speakers quite possible without strain for either party. Can produce clear, detailed text on a wide range of subjects and explain a viewpoint on a topical issue giving the advantages and disadvantages of various options.
  B1   Can understand the main points of clear standard input on familiar matters regularly encountered in work, school, leisure, etc. Can deal with most situations likely to arise whilst travelling in an area where the language is spoken. Can produce simple connected text on topics which are familiar or of personal interest. Can describe experiences and events, dreams, hopes and ambitions and briefly give reasons and explanations for opinions and plans.
  A2   Can understand sentences and frequently used expressions related to areas of most immediate relevance (e.g. very basic personal and family information, shopping, local geography, employment). Can communicate in simple and routine tasks requiring a simple and direct exchange of information on familiar and routine matters. Can describe in simple terms aspects of his/her background, immediate environment and matters in areas of immediate need.
  A1   Can understand and use familiar every day expressions and very basic phrases aimed at the satisfaction of needs of a concrete type. Can introduce him/herself and others and can ask and answer questions about personal details such as where he/she lives, people he/she knows and things he/she has. Can interact in a simple way provided the other person talks slowly and clearly and is prepared to help.

PANDUAN BELAJAR

Persiapan terbaik sebelum mengikuti tes TOEIC® dengan buku-buku persiapannya.

1. The New TOEIC Official Test Preparation Guide Bilingual Edition

  • 2 paket lengkap soal-soal resmi TOEIC® Listening and Reading yang sudah tidak digunakan lagi
  • Naskah soal yang dibacakan
  • Terjemahan dalam bahasa Indonesia
  • Kunci jawaban dan penjelasannya
  • Kosakata
  • 1 keping CD audio untuk bagian Listening Comprehension

Untuk mendapatkan buku ini silakan hubungi (021) 5711943

 

 

2. Taking the TOEIC® Skills & Strategies

  • Informasi umum mengenai TOEIC®
  • Diutamakan untuk yang memiliki kemampuan bahasa Inggris di tingkat menengah
  • Kiat untuk mengerjakan tes disetiap sesinya
  • Penjelasan mengenai struktur kalimat (grammar) secara jelas dan tepat
  • Latihan singkat untuk setiap tipe soal TOEIC®
  • Naskah untuk setiap pertanyaan pada sesi mendengarkan
  • 1 paket latihan lengkap menyerupai tes aslinya
  • Kunci jawaban untuk semua latihan singkat dan latihan lengkap termasuk penjelasan tambahan untuk bagian 5 tentang Incomplete Sentences dan bagian 6 tentang Text Completion

Untuk mendapatkan buku ini silahkan hubungi (021) 5711943

3. Starter TOEIC® Third Edition

  • Informasi umum mengenai TOEIC
  • Diutamakan untuk yang memiliki kemampuan bahasa Inggris di tingkat pemula
  • Penjelasan mengenai tata kalimat (grammar) secara jelas dan tepat
  • Unit tematik yang terintegrasi dengan latihan tata bahasa (grammar)
  • Latihan singkat pada setiap unitnya
  • 1 paket latihan lengkap menyerupai tes aslinya
  • Kunci jawaban dan naskah bacaan untuk semua latihan singkat dan latihan lengkap
  • Rekaman sesi mendengarkan (listening sections) untuk setiap latihan singkat dan latihan lengkap

Untuk mendapatkan buku ini silahkan hubungi (021) 5711943

 

4. The TOEIC® Official Learning and Preparation Course

The TOEIC® Official Learning and Preparation Course dapat membantu Anda memperkuat kemampuan bahasa Inggris Anda dan juga mempersiapkan Anda sebelum mengikuti tes TOEIC® Listening & Reading.

Self-paced dan dapat diakses 24 jam sehari, tujuh hari seminggu, The TOEIC® Official Learning and Preparation Course adalah satu-satunya bahan pembelajaran yang dibuat oleh pembuat tes TOEIC® itu sendiri. Konten pembelajaran menggunakan real-life workplace scenarios dan lebih dari 1.000 soal tes TOEIC® otentik untuk membantu Anda memperkuat dan melatih keterampilan yang secara khusus diuji pada TOEIC® Listening & Reading. Tidak ada pembelajaran online lainnya yang lebih baik dan dirancang khusus untuk membantu Anda membangun keterampilan bahasa Inggris yang Anda butuhkan pada situasi workplace sehari-hari sekaligus membantu keberhasilan di tes TOEIC® Listening & Reading.

Fitur di dalam The TOEIC® Official Learning and Preparation Course:

  • Setiap modul terdiri dari 8 unit topic-based skill building
  • Latihan interaktif yang mensimulasikan situasi dan aktifitas di dunia kerja
  • Suara narrator yang sama dengan suara yang terdapat di tes TOEIC®
  • Score Report akan muncul secara otomatis pada sesi latihan soal TOEIC® dan memberikan estimasi/prediksi skor TOEIC® dilengkapi dengan diagnostic feedback yang serupa seperti pada Official Score Report
  • Penilaian terhadap area mana yang Anda kuasai dan area mana yang membutuhkan peningkatan, disertai dengan saran pembelajaran mana saja yang sebaiknya diulang.K
Tersedia dalam 2 pilihan paket:
  1. TOEIC Official Learning & Preparation course 2 module 
  2. TOEIC Official Learning & Preparation course 3 module 

Informasi lebih lanjut silahkan hubungi (021) 5711943

Bagi yang memiliki skor TOEIC® Listening and Reading di atas 600 (level Basic Working Proficiency) sangat dianjurkan untuk mengikuti tes TOEIC® Speaking and Writing untuk menyempurnakan pengukuran kemampuan berbahasanya. Ketika tes TOEIC® Speaking and Writing diambil bersama TOEIC® Listening and Reading, Anda akan mendapatkan data lengkap mengenai kemampuan berkomunikasi dengan bahasa Inggris di 4 area berbahasa.

Tes TOEIC® Speaking and Writing merupakan alat ukur valid untuk mengukur kemampuan berbicara dan menulis bahasa Inggris untuk dunia bisnis. Kemampuan berbicara sangat diperlukan untuk melakukan presentasi secara efektif, komunikasi tatap muka, rapat, konferensi melalui video, telekonferensi dan percakapan melalui telepon. Keterampilan menulis penting untuk menulis email yang jelas dan persuasif, juga dalam jenis korespondensi bisnis lainnya.

k
Unduh disini untuk informasi dalam bentuk digital:

FORMAT TES

  • TOEIC Speaking

Tes pada sesi ini didesain untuk menyediakan informasi mengenai kemampuan seseorang dalam komunikasi lisan.
Isi            : 11 pertanyaan
Waktu      : kurang lebih 20 menit
Skala skor : 0-200

Bentuk soal:

Pertanyaan Soal Criteria Evaluasi
1–2 Membaca bacaan dengan suara lantang · Pengucapan (Pronunciation)

· Intonasi dan penekanan (stress)

3 Mendeskripsikan sebuah gambar Sama dengan diatas dan ditambah:

· Tata bahasa (Grammar)

· Kosakata

· Penekanan (Cohesion)

4-6 Menjawab pertanyaan Sama dengan diatas dan ditambah:

· Kesesuaian jawaban

· Kelengkapan jawaban

7-9 Menjawab pertanyaan dengan menggunakan informasi yang tersedia Sama dengan diatas
10 Mengajukan solusi Sama dengan diatas
11 Mengekspresikan pendapat Sama dengan diatas
  • TOEIC Writing

Tes didesain untuk menyediakan informasi mengenai kemampuan seseorang menggunakan bahasa Inggris dalam komunikasi tertulis.

Isi        : 8 pertanyaan

Waktu      : kurang lebih 60 menit

Skala skor : 0–200

Bentuk soal:

Pertanyaan Soal Kriteria Evaluasi
1-5 Menulis kalimat berdasarkan pada sebuah gambar · Tata bahasa (Grammar)

· Kesesuaian antara kalimat dengan gambar

6-7 Menjawab permintaan membuat sebuah tulisan · Kualitas dan variasi kalimat-kalimat yang dibuat

· Kalimat

· Kosakata

· Pengaturan kata dan kalimat yang dibuat

8 Menulis opini dalam bentuk karya tulis · Apakah opini Anda didukung dengan penjelasan dan/ atau contoh

· Tata bahasa (Grammar)

· Kosakata

· Pengaturan kata dan kalimat yang dibuat

Unduh disini untuk contoh soal TOEIC® SW.

SKOR

Jawaban tes TOEIC® Speaking and Writing diukur berdasarkan kriteria evaluasi khusus dimana kemudian total skor akhir akan diberikan kepada pengambil tes.

Skor dihasilkan berdasarkan rentang yang disebut “proficiency levels“, yang menyimpulkan kelebihan dan kelemahan kemampuan seseorang secara spesifik.

Untuk mengetahui deskripsi dari setiap proficiency levels, silahkan membaca pada TOEIC Speaking and Writing Examinee Handbook yang dimulai di halaman 23.

Skor TOEIC® Speaking

  • Pertanyaan no. 1-9 dinilai dengan skala 0-3
  • Pertanyaan no. 10-11 dinilai dengan skala 0-5
  • Total skala dikonversi menjadi skor dengan skala 0-200
  • Terdapat 8 proficiency levels

Skor TOEIC® Writing

  • Pertanyaan no. 1-5 dinilai dengan skala 0-3
  • Pertanyaan no. 6-7 dinilai dengan skala 0-4
  • Pertanyaan no. 8 dinilai dengan skala 0-5
  • Total skala dikonversi menjadi skor dengan skala 0-200
  • Terdapat 9 proficiency levels

Proses Skoring

ETS menentukan skor dengan proses yang sangat ketat untuk memastikan hasil yang jujur dan dapat dipertanggungjawabkan. Jawaban soal dikirim melalui system daring yang sangat aman dan dinilai oleh penilai (raters) ETS yang telah tersertifikasi dan selalu dipantau selama proses berjalan. Lebih dari satu penilai yang akan menilai jawaban pada TOEIC® Speaking. Hal ini untuk memastikan tingkat kejujuran dalam proses penilaian dimana proses penilaian cara lama yaitu dengan wawancara tatap muka tidak dapat disediakan.

KORELASI DENGAN CEFR

The Common European Framework of Reference for Languages: Learning, Teaching, Assessment (CEFR) dibuat oleh Council of Europe yang bertujuan untuk menyediakan penilaian kemampuan bahasa yang berlaku untuk semua bahasa di Eropa, termasuk bahasa Inggris. CEFR merupakan dasar pengelompokan kemampuan bahasa yang digunakan di Eropa dan mulai diadopsi oleh negara-negara lain, misalnya Kolombia dan Filipina.
CEFR merupakan gambaran umum kemampuan berbahasa seseorang yang dibagi dalam beberapa tingkatan yaitu: A1 – A2 (Basic User), B1 – B2 (Independent User), C1 – C2 (Proficient User). CEFR digunakan oleh instruktur bahasa, pendidik, pembuat kurikulum dan institusi yang bergerak di bidang pengembangan kemampuan bahasa untuk memahami kemampuan yang dimiliki seseorang yang berada pada level tertentu dalam CEFR.

Skor TOEIC® dapat dikorelasikan dengan CEFR sebagai berikut:

Sesi Rentang Skor Skor Minimum
A1 A2 B1 B2 C1
Speaking 0 – 200 50 90 120 160 180
Writing 0 – 200 30 70 120 150 180

Penjelasan Kemampuan pada level CEFR

  C1   Can understand a wide range of demanding, longer texts, and recognise implicit meaning. Can express him/herself fluently and spontaneously without much obvious searching for expressions. Can use language flexibly and effectively for social, academic and professional purposes. Can produce clear,  well-structured, detailed text on complex subjects, showing controlled use of organisational patterns, connectors and cohesive devices.
  B2   Can understand the main ideas of complex text on both concrete and abstract topics, including technical discussions in his/her field of specialisation. Can interact with a degree of fluency and spontaneity that makes regular interaction with native speakers quite possible without strain for either party. Can produce clear, detailed text on a wide range of subjects and explain a viewpoint on a topical issue giving the advantages and disadvantages of various options.
  B1   Can understand the main points of clear standard input on familiar matters regularly encountered in work, school, leisure, etc. Can deal with most situations likely to arise whilst travelling in an area where the language is spoken. Can produce simple connected text on topics which are familiar or of personal interest. Can describe experiences and events, dreams, hopes and ambitions and briefly give reasons and explanations for opinions and plans.
  A2   Can understand sentences and frequently used expressions related to areas of most immediate relevance (e.g. very basic personal and family information, shopping, local geography, employment). Can communicate in simple and routine tasks requiring a simple and direct exchange of information on familiar and routine matters. Can describe in simple terms aspects of his/her background, immediate environment and matters in areas of immediate need.
  A1   Can understand and use familiar everyday expressions and very basic phrases aimed at the satisfaction of needs of a concrete type. Can introduce him/herself and others and can ask and answer questions about personal details such as where he/she lives, people he/she knows and things he/she has. Can interact in a simple way provided the other person talks slowly and clearly and is prepared to help.

BUKU PERSIAPAN TES

Tactics for TOEIC® Speaking and Writing Test

  • 20 units materi Speaking dan Writing resmi dari ETS
  • 1 buku siswa (Students book)
  • Buklet berisi skrip dan jawaban
  • 2 keping CD audio
  • Contoh tampilan soal tes dan petunjuk untuk memberi gambaran soal sebagaimana tampil aslinya dilayar komputer
  • Tes kecil di setiap unit yang merupakan tes resmi ETS

Harga : Rp 310.000,- (termasuk pajak)

Tes TOEIC Bridge® adalah titik awal paling tepat untuk menuju kesuksesan dunia kerja bagi yang sedang memulai belajar bahasa Inggris. Didesain untuk tingkat pemula, tes ini mengukur kemampuan mendengarkan dan membaca yang digunakan di lingkungan global. Berbagai sekolah bahasa, pendidikan tinggi, universitas, korporasi dan pemerintahan di berbagai belahan di dunia menggunakan TOEIC Bridge® untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris siswa dan karyawannya.

k
Alat Ukur berstandar internasional untuk kemampuan mendengarkan dan membaca

Tes ini dikembangkan oleh ETS untuk membantu mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang, mengidentifikasi kemajuan siswa dan membantu menetapkan tujuan dalam belajar bahasa Inggris. TOEIC Bridge® dirancang untuk membantu guru dan siswa mengukur kemampuan mendengarkan dan membaca secara komprehensif. Tes TOEIC Bridge® adalah tahap persiapan yang sempurna sebelum mengikuti tes TOEIC®.

k
Unduh disini untuk informasi dalam bentuk softcopy: 

FORMAT TES

TOEIC Bridge® adalah asesmen dengan menggunakan kertas dan pensil untuk mengukur kemampuan individu dalam mendengarkan dan membaca dengan bahasa Inggris di kehidupan sehari-hari. Terdiri dari 100 pertanyaan pilihan ganda dan membutuhkan waktu 90 menit dimana 60 menit untuk menjawab pertanyaan dan 30 untuk melengkapi kuesioner singkat terkait latar pendidikan dan pendidikan peserta tes.

Tes terdiri dari 2 sesi, yaitu:

1. Listening Comprehension

Peserta tes akan mendengarkan rekaman pernyataan, pertanyaan, percakapan dan pembicaraan singkat dalam bahasa Inggris dalam CD dan menjawab 50 pertanyaan berdasarkan apa yang mereka dengar.

Terdiri dari 3 bagian:

  • Bagian 1: Photographs (15 pertanyaan)
  • Bagian 2: Question-Response (20 pertanyaan)
  • Bagian 3: Short Conversations and Short Talks (15 pertanyaan)

Sesi ini membutuhkan waktu 25 menit untuk pengerjaannya.

2. Reading Comprehension

Peserta tes akan membaca 1 artikel singkat dan kemudian menjawab 50 pertanyaan berdasarkan apa yang mereka baca.

Terdiri dari 2 bagian:

  • Bagian 4: Incomplete Sentences (30 pertanyaan)
  • Bagian 5: Reading Comprehension (20 pertanyaan)

Sesi ini membutuhkan waktu 35 menit untuk pengerjaannya.

Contoh Soal

Contoh soal dan informasi lainnya mengenai TOEIC Bridge® dapat dibaca di TOEIC Bridge® Examinee Handbook atau TOEIC Bridge® Sample Test

SKOR

Skala Skor
Skor TOEIC Bridge™ berkisar antara 20 – 180 yang merupakan jumlah dari skor tiap sesi. Gambaran mengenai skor TOEIC Bridge dapat dilihat pada gambar berikut:

Unduh disini untuk mengetahui perbandingan antara skor TOEIC® LR dan TOEIC Bridge®

MANFAAT

  • Untuk pengguna skor (score users)
    TOEIC Bridge® adalah alat ukur terpercaya yang didesain untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris tingkat pemula hingga menengah dan menyajikan alat ukur yang terpercaya, valid dan konsisten untuk institusi pendidikan dan program training di perusahaan.

Sebagai tambahan, tes TOEIC Bridge®:

  • Membantu penempatan siswa pada program pendidikan bahasa Inggris yang sesuai dengan kemampuannya
  • Menggaris bawahi kemampuan bahasa Inggris yang perlu ditingkatkan
  • Memotivasi pembelajar untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka
  • Mengukur efektifitas program dan kurikulum
  • Membantu menentukan kesiapan akademi dan dunia kerjaSkor TOEIC Bridge® merupakan alat berharga baik untuk mengukur perkembangan siswa juga untuk mengukur efektifitas program pendidikan bahasa Inggris yang diadakan sekolah atau organisasi. Karena TOEIC Bridge® bisa diambil lebih dari sekali, skor yang dihasilkan dapat menjadi tolak ukur sebaik mana perkembangan siswa.

TOEIC Bridge® dipetakan dengan CEFR (Common European Framework of Reference) pada level A1, A2 dan B1. Penelitian mengenai pemetaan tersebut yang dilakukan pada tahun 2006 mengidentifikasi bahwa skor minimum TOEIC Bridge® sesuai dengan level yang ada pada CEFR. Skor minimum diidentifkasi terpisah antara Listening Comprehension dan Reading Comprehension.

  • Untuk peserta tes (test taker)

Bentuk tes TOEIC Bridge® adalah pilihan ganda dan membutuhkan waktu satu jam.  Dengan format tersebut akan bermanfaat bagi pembelajar bahasa Inggris tingkat pemula hingga menengah mengingat tes ini menguji kemampuan mendengar dan membaca secara keseluruhan dan mempersiapkan mereka untuk proses pembelajaran bahasa Inggris pada tingkat selanjutnya.Dikarenakan TOEIC Bridge® diterima secara global dan akurat dalam mengukur kemampuan bahasa Inggris tingkat pemula hingga menengah,

TOEIC Bridge® memberikan manfaat:

  • Menunjukan kepada pengajar atau perusahaan tempat bekerja bahwa Anda siap untuk sukses pada tahap pendidikan selanjutnya atau jenjang karir berikutnya
  • Dapat ditempatkan pada program yang lebih sesuai
  • Membantu menetapkan tujuan belajar bahasa Inggris sekaligus menjadi data perkembangan proses belajar
  • Mengetahui bagian mana yang memerlukan peningkatan

SARANA PERSIAPAN TES

TOEIC Bridge® tidak didasarkan pada materi yang umum digunakan pada kursus bahasa Inggris. Tes ini berfokus pada kemampuan peserta tes yang masih berada pada level awal hingga menengah atau kemampuan umum saat menggunakan bahasa Inggris. Peningkatan kemampuan membutuhkan waktu dan umumnya dapat dicapai melalui kombinasi dari belajar dan latihan.

Contoh pertanyaan
Contoh pertanyaan adalah cara terbaik untuk latihan persiapan dan membiasakan diri dengan bentuk tes.

Informasi lainnya mengenai TOEIC Bridge® dapat dilihat pada TOEIC Bridge® Examinee Handbook atau TOEIC Bridge® Sample Test

Sebelum mengikuti tes, peserta tes disarankan membaca TOEIC Bridge Examinee Handbook agar:
• Dapat membiasakan diri dengan petunjuk dan format tes
• Paham bagaimana menjawab pertanyaan pada lembara jawaban
• Mencoba contoh soal yang terdapat didalamnya  

Metode lainnya yang dapat digunakan untuk persiapan sebelum tes yaitu:
• Membaca
• Menonton televise dan film
• Mendengarkan lagu
• Mengambil kursus bahasa Inggris
• Berbicara dengan teman atau lainnya dengan menggunakan bahasa Inggris
• Latihan menggunakan buku persiapan

Buku Persiapan

TOEIC Bridge Official Test Preparation Guide Bilingual

  • 200 soal resmi TOEIC® Bridge dari ETS
  • Penjelasan soal
  • Kosakata yang sering digunakan pada soal TOEIC Bridge
  • Terjemahan dalam bahasa Indonesia
  • Kunci jawaban dan penjelasannya
  • Kiat dan saran bagaimana menjalankan tes
  • 1 keping CD audio untuk bagian Listening Comprehension

Harga : Rp 110.000 (termasuk pajak)

Untuk mendapatkan buku ini silahkan hubungi (021) 5711943