Beasiswa LPDP Jalur Prestasi Olimpiade

Beasiswa Pendidikan Indonesia Afirmasi Prestasi Olimpiade Bidang Sains, Teknologi, dan Keterampilan selanjutnya disebut BPI Afirmasi Prestasi Olimpiade Bidang Sains, Teknologi, dan Keterampilan adalah program beasiswa yang diberikan kepada peraih medali atau penghargaan olimpiade atau kompetisi tingka nasional dan/atau internasional di bidang sains, teknologi, penelitian ilmiah, dan keterampilan untuk melanjutkan studi program magister atau doktoral di Perguruan Tinggi Tujuan dalam negeri atau luar negeri.

Sasaran dari program BPI Afirmasi Prestasi Olimpiade Bidang Sains, Teknologi, dan Keterampilan yaitu:

1. peraih medali atau penghargaan olimpiade atau kompetisi nasional dan/atau internasional di bidang sains, teknologi, kewirausahaan, dan keterampilan yang dilaksanakan dan/atau difasilitasi langsung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk peserta didik jenjang SMA/MA/SMK dan/atau Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi untuk peserta didik jenjang perguruan tinggi.

2. peraih medali atau penghargaan olimpiade atau kompetisi nasional dan/atau internasional di bidang sains, teknologi, dan keterampilan yang dikelola oleh institusi lainnya yang kredibel dan bereputasi internasional dengan syarat:

a. diikuti oleh paling sedikit 10 % (sepuluh persen) dari jumlah negara anggota UNESCO; dan
b. mendapatkan rekomendasi penilaian dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Syarat Pendaftaran
  1. Jenis Olimpiade atau Kompetisi: Dapat dilihat disini
  2. Usia:
    a. Magister Program (S2) Maksimal 24 tahun
    b. Doktoral Program (S3) Maksimal 48 tahun
  3. IPK
    a. Magister Program (S2) minimal 3.00
    b. Doktoral Program (S3) minimal 3.25
  4. Kemampuan Bahasa Inggris
    a. Magister Program (S2)
    Dalam Negeri: TOEFL ITP® 450, TOEFL iBT 45, IELTS 5,5, TOEIC® 500, atau TOAFL 500
    Luar Negeri: TOEFL iBT 61, IELTS 6,0, TOEIC® 630, atau TOAFL 550
    b. Doktoral Program(S3)
    Dalam negeri: TOEFL ITP® 500, TOEFL iBT 61, IELTS 6,0, TOEIC® 630, atau TOAFL 550
    Luar Negeri: TOEFL iBT 79, IELTS 6,5, TOEIC® 750, atau TOAFL 550
Komponen Pembiayaan

1. Biaya program persiapan studi meliputi biaya hidup bulanan dan transportasi keberangkatan dan kepulangan ke daerah asal

2. Biaya pendidikan meliputi biaya pendaftaran, SPP, dan non-SPP, yang dapat digunakan untuk buku, tesis atau disertasi, seminar, publikasi, dan jurnal internasional.

3. Biaya pendukung meliputi transportasi keberangkatan dan kepulangan studi dari domisili asal ke Perguruan Tinggi Tujuan, visa, termasuk paspor, settlement allowance, living allowance, tunjangan keluarga (khusus program doctoral)

Informasi selengkapnya dapat dilihat disini

Pendaftaran dapat dilakukan pada laman resmi LPDP di https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/