Mitsui-Bussan Scholarship Program for Indonesia – Prospectus for 2019

PROGRAM BEASISWA MITSUI-BUSSAN UNTUK INDONESIA didirikan di Tokyo, Jepang, pada tahun 1992 sebagai sebuah yayasan nirlaba berdasarkan persetujuan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains dan Teknologi (sebelumnya disebut Kementerian Pendidikan) Jepang berdasarkan dana yang disiapkan oleh Mitsui & Co., Ltd. Program ini bertujuan untuk mendorong siswa Indonesia yang ingin belajar di universitas di Jepang dan memperoleh gelar sarjana.

Tujuan Program adalah untuk mendukung dan membantu siswa terpilih (yaitu, penerima hibah) sehingga;

  1. Penerima beasiswa bisa belajar dan menjadi akrab dengan budaya dan kebiasaan Jepang.
  2. Penerima hibah dapat mengembangkan sensibilitas internasional melalui kehidupan sehari-hari di Jepang

Oleh karena itu, para penerima hibah akan dapat melakukan upaya terbaik mereka di bidang masing-masing untuk berkontribusi dalam pembangunan Indonesia setelah menyelesaikan studi mereka di Jepang, dengan menerapkan pengalaman hidup dan belajar di Jepang.

Oleh karena itu, penerima beasiswa yang telah menyelesaikan studi mereka di Jepang di bawah Program akan diminta untuk berusaha keras untuk mewujudkan tujuan Program, namun penerima hibah sepenuhnya bebas dari kewajiban dan kewajiban lainnya.

 

Kualifikasi Tahap 1
  • Pelamar harus berkewarganegaraan Republik Indonesia
  • Pelamar harus berusia kurang dari 20 tahun per 1 April 2019 dan belum menikah
  • Pelamar harus telah menyelesaikan pendidikan SMA (IPA atau IPS) dengan nilai sekurang-kurangnya delapan puluh (80) atau lebih tinggi pada catatan sekolah untuk mata pelajaran berikut: dari dua semester berturut-turut terakhir yaitu, “semester pertama tahun ke-3 dan semester kedua tahun ke-2” tapi jika tidak tersedia, “semester 1 dan 2 tahun kedua”, selama masa studi di SMA sesuai dengan grafik di bawah ini. Sementara siswa SMK tidak dapat mengikuti program ini.


Untuk jurusan IPA: Matematika, Fisika, Kimia, dan Bahasa Inggris      

Untuk jurusan IPS: Matematika, Ekonomi, Geografi dan Bahasa Inggris

Apabila terdapat tipe-tipe skor report yang berbada (“Wajib” / “Peminatan”) maka mengacu pada skor  “Wajib”.

  • Pelamar harus bersedia untuk belajar bahasa Jepang dan menerima pendidikan universitas dalam bahasa Jepang di Jepang. Sementara setiap tingkat skor JLPT (N1 – N5) harus dihitung sebagai premium untuk pemilihan.
  • Pelamar harus dalam kondisi sehat baik kesehatan mental dan fisik dan tidak memiliki penyakit yang menular
Tahap Seleksi

Untuk informasi serta pendaftaran beasiswa Mitsui Bussan, dapat dilihat di https://www.mbkscholarship-id.com/