Pembelajaran Blended Learning di UINSA

Di era digitalisasi saat ini, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) bekerjasama dengan International Test Center (ITC) menjalankan program pembelajaran blended learning bahasa Inggris menggunakan English Discoveries (ED). Metode pembelajaran yang diterapkan adalah menggabungkan antara e-learning dan face-to-face learning (belajar tatap muka) bagi mahasiswa semester 2 tahun ajaran 2018-2019 sebagai mata kuliah umum bahasa Inggris.

Sebelumnya, ED juga telah digunakan sebagai platform pembelajaran untuk mata kuliah bahasa Inggris mahasiswa semester 1 di UINSA. Melihat tingginya antusias serta partisipasi mahasiswa, maka UINSA melanjutkan metode pembelajaran tersebut pada semester selanjutnya. Diakhir pembelajaran ED, mahasiswa akan melaksanakan ujian CIERA (Campus Institution English Readiness Assessment) sebagai evaluasi akhir dari penggunaan ED.

Dengan diterapkannya metode pembelajaran yang sangat dekat dengan millenials yaitu menggunakan pembelajaran digital, semoga dapat membantu mahasiswa UINSA dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki para lulusan dalam menghadapi revolusi industry 4.0.