Persiapan Mahasiswa STKIP Citra dalam Memasuki Pasar Kerja

Di era globalisasi saat ini, penting sekali untuk menguasi bahasa Inggris sebagai salah satu keahlian dalam menghadapi persaingan global. Banyak cara untuk menunjukkan kemahiran kita dalam penguasaan bahasa, salah satunya adalah dengan memiliki sertifikasi kompetensi bahasa.

Pada tanggal 6-7 Juli 2018, STKIP Citra Bakti bekerjasama dengan International Test Center (ITC)  melaksanakan rangkaian kegiatan ujian sertifikasi TOEIC® sebagai salah satu persyaratan kelulusan mahasiswanya. Sebelum ujian sertifikasi TOEIC® dilaksanakan, diadakan seminar sosialisasi dan motivasi mengenai pentingnya penguasaan bahasa Inggris sebagai bahasa yang digunakan sebagai bahasa internasional saat ini.

Pada kegiatan sosialisasi tersebut, dijelaskan bahwa sertifikasi TOEIC® kini dapat dijadikan sebagai salah satu Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) yang mana telah diatur oleh Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 81 Tahun 2014, untuk bekal para lulusan perguruan tinggi dalam pesiapan memasuki pasar kerja nasional maupun internasional.

Rangkaian kegiatan diakhiri dengan pelaksanaan ujian sertifikasi TOEIC® bagi seluruh mahasiswa tingkat akhir dan juga diikuti oleh beberapa dosen pada tanggal 7 Juli 2018. Dengan adanya sertifikasi TOEIC® diharapkan lulusan STKIP Citra Bakti dapat lebih percaya diri dalam bersaing di dunia kerja nantinya.