Program English Discoveries di UINSA

Dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat membuat banyak perubahan dalam aktivitas kita sehari sehari. Salah satu perubahan yang mulai dirasakan adalah metode pembelajaran yang memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran jarak jauh yang simple dan modern. Proses pembelajaran ini, dikenal dengan istilah blended learning. Dimana, sistem pembelajaran ini menggabungkan e-learning (mobile learning atau online learning) dan belajar tatap muka (face-to-face). Metode blended learning sudah mulai diterapkan di berbagai institusi pendidikan di luar negeri maupun di Indonesia. Salah satu perguruan tinggi yang mengadopsi sistem pembelajaran ini adalah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA).

UINSA menggunakan English Discoveries (ED) sebagai platform pembelajaran bahasa Inggris dalam proses blended learning, mata kuliah bahasa Inggris bagi para mahasiswa barunya. ED digunakan sebagai platform yang akan membantu mahasiswa baru tahun ajaran 2018 dalam upaya peningkatan kemampuan bahasa Inggris yang dimilikinya. Materi pembelajaran mata kuliah bahasa Inggris yang diberikan kepada mahasiswa baru, tersusun dengan baik didalam platform ED sesuai dengan kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki para mahasiswa. Tidak hanya itu, ED juga dijadikan sebagai sarana persiapan mahasiswa dalam menghadapi ujian TOEIC® yang akan dilaksanakan pada akhir tahun masa belajar mereka (semester 7 atau 8).

Dengan mengadaptasi metode pembelajaran yang mengikuti perkembangan zaman, diharapkan para mahasiswa baru semakin semangat untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka, guna menghadapi tantangan global kedepannya.