Terobosan SMKN 2 Kediri tahun 2018

Dalam menghadapi perubahan yang terjadi akibat perkembangan teknologi yang semakin pesat, diperlukan terobosan baru agar tidak tertinggal oleh perkembangan yang terjadi. Semua sektor berbenah dan mencari inovasi baru, tidak terkecuali sektor pendidikan. Lembaga pendidikan harus berinovasi untuk mempersiapkan para lulusan terbaik dengan kompetensi yang berdaya saing digital. Berangkat dari hal ini, SMKN 2 Kediri berinisiatif untuk bekerjasama dengan International Test Center (ITC) untuk membuat terobosan baru yaitu memberi layanan sertifikasi kompetensi komputer berstandar internasional bagi siswa dan masyarakat umum di wilayah kediri.

Sertifikasi kompetensi komputer yang dimaksud adalah sertifikasi Microsoft Technology Associate (MTA) merupakan sertifikasi berstandar internasional yang dikeluarkan oleh Certiport Pearson Vue yang memvalidasi keterampilan dan pengetahuhan dasar teknologi di kalangan siswa maupun pencari kerja yang mengejar karir di bidang teknologi. Sertifikasi MTA ini dapat dijadikan sebagai Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI). Sebagai salah satu sekolah kejuruan terbaik di kediri, pimpinan SMKN 2 Kediri, Drs. H.Mashari Krisna Edy, M.Pd., merasa bahwa layan an sertifikasi ini dapat berguna bagi para calon lulusan dari SMK dalam bersaing dalam dunia kerja 4.0.

Pada tanggal 13 Desember 2018, telah dilakukan peresmian Mikrotik Academy dan SMKN 2 Kediri resmi sebagai Certiport Authorized Test Center di Kediri, Indonesia. Peresmian yang diwakilkan oleh ITC Malang merupakan salah satu langkah tegas yang diambil oleh SMKN 2 Kediri dalam membekali siswa maupun masyarakat sekitar Kediri dengan sertifikasi berstandar international. Saat ini, sertifikasi yang tersedia di SMKN 2 Kediri hanya tes MTA. Harapan kedepannya, SMKN 2 Kediri juga akan menerapkan sertifikasi Microsoft Office Specialist (MOS) dalam salah satu layanannya

Dengan adanya terobosan ini, siswa serta masyarakat di Kediri lebih mudah mengambil sertifikasi kompetensi MTA dan MOS di kediri. Tentunya hal ini akan membuat mereka lebih percaya diri dalam menghadapi perkembangan teknologi yang terjadi di era digitalisasi ini. SMK Bisa!