TOEIC® sebagai Indikator Kemampuan Bahasa Inggris di SMK Wikrama Bogor

Sekolah Menengah Kejuruan di Indonesia terus melakukan upaya pengembangan kualitas baik dari segi sekolah maupun siswa. Hal ini didukung oleh program pemerintah untuk menjadikan siswa SMK dapat percaya diri untuk bersaing di dunia global. Peran sekolah juga tidak luput dalam meningkatkan kualitas para calon lulusannya. Salah satu upaya yang dilakukan oleh sekolah adalah dengan memperhatikan dan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki oleh para siswanya.

SMK Wikrama Bogor adalah salah satu SMK yang sangat konsisten dalam program peningkatan kemampuan bahasa Inggris bagi siswa-siswanya. Hal ini terlihat dari kegiatan menilai dan mengukur kemampuan bahasa Inggris calon lulusannya dengan menggunakan TOEIC® (Test of English for International Communication). Seperti yang telah diketahui, TOEIC®  merupakan sertifikasi berstandar internasional yang cocok untuk menilai sejauh mana kompetensi seseorang dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari baik khususnya dalam lingkungan kerja.

Pada tanggal 21 Mei 2019 sebanyak lebih dari 500 siswa SMK Wikrama Bogor mengikuti sertifikasi bahasa Inggris TOEIC®. Ini bukanlah tahun pertama SMK Wikrama Bogor melaksanakan TOEIC® bagi para calon lulusannya, sudah lebih dari 3 tahun kebelakang, para calon lulusan SMK Wikrama Bogor mendapatkan sertifikasi TOEIC®. Dengan memiliki sertifikasi ini, diharapkan siswa-siswi SMK Wikrama Bogor dapat lebih percaya diri berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris dalam dunia kerja nantinya. Selain itu, diharapkan para siswa dapat menggunakan score report TOEIC® semaksimal mungkin baik untuk melamar beasiswa ataupun melamar pekerjaan setelah lulus. SMK Hebat! SMK Bisa! I am Confident with TOEIC®