TOEIC® sebagai SKPI di UNS

Pada tanggal 3-5 September 2018, Universitas Sebelas Maret (UNS) bekerjasama dengan International Test Center (ITC) melaksanakan ujian sertifikasi TOEIC® bagi seluruh mahasiswa akhir sekolah vokasinya. Sertifikasi TOEIC ini nantinya akan dijadikan sebagai surat pendamping ijazah (SKPI) bagi para lulusan.

SKPI sudah mulai diterapkan di beberapa perguruan tinggi di Indonesia yang telah sebagaimana telah ditetapkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 81 tahun 2014 tentang Ijazah, sertifikat kompetensi dan sertifikat profesi pendidikan tinggi. Dengan adanya SKPI, mahasiswa diharapkan memiliki kompetensi lain disamping ijazah yang dimilikinya. Sertifikasi kompetensi dibidang bahasa Inggris dipercaya dapat membantu para lulusan bersaing di dunia kerja pada era globalisasi saat ini. Sertifikasi TOEIC® tidak hanya dapat digunakan sebagai SKPI, namun juga dapat digunakan sebagai salah satu syarat dokumen dalam melamar beasiswa LPDP baik dalam negeri maupun luar negeri.

Dengan diberlakukannya SKPI di UNS, semoga para mahasiswa dapat selangkah lebih maju dalam bersaing di era globalisasi serta dapat meraih beasiswa yang diinginkan.