TOEFL Young Students Series

TOEFL® Young Students Series

Saat ini, negara-negara non speaking countries memperkenalkan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua pada tahap awal pembelajaran. TOEFL® Young Students Series membantu Anda mengukur kemampuan bahasa Inggris siswa Anda dan membimbing mereka ke langkah belajar selanjutnya. Tes ini dirancang untuk tingkat pembelajaran yang sesuai dengan usia siswa muda.  ETS memberikan dua pilihan tes yang tepat untuk program Anda.

TOEFL® Primary™

TOEFL® Primary™ merupakan fondasi yang tepat untuk kesuksesan pengembangan keterampilan berbahasa Inggris siswa. Tes ini ditujukan untuk siswa berusia 8+ dan ditawarkan dalam 3 tes berbeda: TOEFL® Primary™ Reading & Listening – Step 1, TOEFL® Primary™ Reading & Listening – Step 2, dan TOEFL Primary Speaking.

TOEFL Junior®

Ditujukan untuk siswa usia 11+, TOEFL Junior® adalah ukuran yang obyektif dan dapat diandalkan untuk kemampuan komunikasi bahasa Inggris siswa Anda. Ada 2 tes TOEFL Junior®: TOEFL Junior® Standard, yang dilaksanakan dengan media kertas dan pensil dan TOEFL Junior® Speaking yang dilaksanakan secara online (tersedia pada 2018).

TOEFL® Primary™

TOEFL® Primary™ adalah salah satu asesmen dari ETS yang membantu Anda membentuk  pola instruksi bahasa Inggris siswa dengan cara yang tidak pernah Anda lakukan sebelumnya. Berdasarkan rangkaian soal TOEFL® yang kaya dan memiliki reputasi terbaik dalam tes bahasa Inggris, TOEFL Primary® dirancang untuk siswa usia 8+ untuk mengukur kemampuan komunikasi bahasa Inggris yang memberikan landasan bagi kesuksesan masa depan siswa.

Anda dapat menggunakan TOEFL® Primary™ untuk menentukan tujuan pengajaran Anda, memantau kemajuan siswa, mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan siswa, dan banyak lagi.

1. TOEFL® Primary™ Reading & Listening – Step 1

Tes membaca dan mendengarkan yang dilaksanakan dengan media kertas & pensil dan dirancang untuk siswa pada tahap awal belajar bahasa Inggris 

2. TOEFL® Primary™ Reading & Listening – Step 2

Tes membaca dan mendengarkan  yang dilaksanakan dengan media kertas & pensil dan dirancang untuk siswa yang telah memperoleh beberapa kemampuan bahasa Inggris yang komunikatif 

3. TOEFL® Primary™ Speaking

Tes kemampuan berbicara berbasis komputer yang sesuai untuk siswa di berbagai tingkat kemampuan berbahasa Inggris

Score Report

Score Report  dan sertifikat prestasi dimaksudkan untuk memberikan dampak positif dan memotivasi siswa. Score Report ini memberikan gambaran detail pencapaian siswa sebagai pembelajar bahasa Inggris dan membantu Anda dalam merencanakan tujuan pembelajaran untuk kedepannya. Di dalam score report terdapat informasi-informasi sebagai berikut:

  • Level yang menunjukkan tingkat kemahiran
  • Score Descriptor dengan informasi penting untuk setiap bagian, termasuk rekomendasi mengenai langkah selanjutnya yang dapat diambil siswa untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka
  • Scale Scores  yang menunjukkan tingkat kemajuan dalam setiap level
Score Validity – Satu Tahun

Skor TOEFL® Primary ™ dapat dipetakan ke Common Eropean Framework of Reference (CEFR). Skor bagian Reading juga sesuai dengan ukuran MetaMetrics® Lexile®.

Pemetaan skor TOEFL® Primary ™ dengan CEFR

 Sections
CEFR Level A2
 CEFR Level B1 
CEFR Level B2
 Listening Comprehension
225 – 245 250 – 285 290 – 300
 Language Form and Meaning
210 – 245  250 – 275  280 – 300
 Reading Comprehension
210 – 240  245 – 275  280 – 300

Untuk memudahkan pemahaman atas kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki siswa secara keseluruhan, TOEFL® Primary ™ menyediakan informasi mengenai overall score level, skor total, penjelasan dan pemetaanya dengan CEFR. 

   Overall Score Level   Total Scale Score    Overall Performance Descriptor   CEFR Profile 
                                                                                      These descriptions represent performance in middle schools which use English for instruction. A typical student at this level:    A typical student at this level achieved these section-level CEFR scores:
   

5
Superior

   845–900   Consistently demonstrates comprehension of complex written and spoken materials, drawing on knowledge of complex language structures and vocabulary.    B2 for all sections
   

4
Accomplished

   785–840   Often demonstrates comprehension of complex written and spoken materials, drawing on knowledge of complex language structures and vocabulary.    B1 for all sections
   

3
Expanding

   730–780      Demonstrates comprehension of some complex written and spoken materials and most basic materials, drawing on knowledge of basic language structures and vocabulary.   Mostly B1 for all sections, but occasionally A2
   

2
Progressing

    655–725   Occasionally demonstrates comprehension of basic written and spoken materials, drawing on knowledge of basic language structures and vocabulary.   Mostly A2 for all sections, but occasionally A1 for Reading and Listening
   

1
Emerging

   600–650   Can comprehend some very basic written and spoken texts, drawing on knowledge of basic language structures and vocabulary, but needs to further develop these language skills and comprehension abilities   Mostly A1 for Listening and Reading; mostly A2 for Language, Form and Meaning

TOEFL Junior®

TOEFL Junior® mengukur kemampuan bahasa Inggris siswa usia 11 – 15 tahun yang digunakan baik untuk di lingkungan sekolah maupun kehidupan sehari-hari. TOEFL Junior® memberikan data akurat mengenai tingkat kemampuan bahasa Inggris siswa yang dapat dijadikan dasar pertimbangan untuk menentukan proses pembelajaran selanjutnya untuk mengantar siswa mencapai kesuksesannya.

Bagian dari TOEFL® Family of Assessments
TOEFL Junior® merupakan bagian dari TOEFL® Family of Assessments, di mana TOEFL® iBT adalah salah satu bagiannya. TOEFL® iBT merupakan tes untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris di bidang akademik bagi siswa berusia 16 tahun ke atas yang akan melanjutkan pendidikan ke luar negeri, sementara TOEFL Junior® mengukur kemampuan bahasa Inggris siswa berusia 11-15 tahun.

Dengan pengalaman mengembangkan TOEFL® Family of Assessments, TOEFL Junior® dibuat dengan menggunakan metode terbaru dan berdasarkan penelitian mendalam untuk memastikan validitas, realibilitas, obyektifitas dan keakuratan tes ini, sehingga skornya mampu menggambarkan kemampuan siswa yang sebenarnya.

Keunggulan TOEFL Junior®

TOEFL Junior® telah dipercaya oleh institusi pendidikan di berbagai belahan dunia sebagai alat untuk menentukan penempatan siswa pada kelas yang sesuai dengan kemampuannya dan juga digunakan untuk memonitor perkembangan belajarnya.

Skor TOEFL Junior® telah dipetakan dengan CEFR (Common European Framework of Reference), sehingga dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan di tingkat global/internasional.

k
Manfaat TOEFL Junior®
  • Membantu penempatan siswa pada program pembelajaran bahasa Inggris yang sesuai dengan tingkat kemampuan mereka
  • Menjadi alat ukur dalam memantau perkembangan siswa selama proses belajar
  • Informasi “Can-do” yang tercantum pada score report memberikan penjelasan kepada orang tua siswa mengenai kemampuan apa saja yang sudah dikuasai putra-putrinya selama proses belajar bahasa Inggris
  • Memberikan rekomendasi mengenai buku bacaan yang tepat untuk meningkatkan kemampuan baca berdasarkan MetaMetrics® Lexile® measures
k
MetaMetrics® Lexile® Measures

Membaca buku dalam bahasa Inggris adalah cara terbaik untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Lexile® measures yang tercantum pada lembar skor TOEFL Junior® akan memberikan rekomendasi judul buku dalam bahasa Inggris yang memiliki tingkat kesulitan yang setara dengan tingkat kemampuan siswa. 

Ketik Lexile® measures pada toefljunior.lexile.com dan temukan buku yang sesuai untuk siswa Anda!

TOEFL Junior® menggunakan media kertas (paper based test) dengan format pilihan ganda yang mudah dan nyaman saat menjalankan tesnya. Total waktu yang dibutuhkan 110 menit, terdiri dari 126 pertanyaan yang terbagi atas tiga sesi.

 

Sesi I: Listening Comprehension 

  • Menguji kemampuan siswa dalam mendengar berbagai pernyataan dan percakapan yang disampaikan dengan bahasa Inggris. 
  • Terdiri dari 42 pertanyaan
  • Total waktu tes : 40 menit
  • Dapatkan contoh soalnya disini

 

Sesi II: Language Form and Meaning 

  • Menguji penguasaan tata bahasa dan kosakata bahasa Inggris berdasarkan konteksnya 
  • Terdiri dari 42 pertanyaan 
  • Total waktu 25 menit
  • Dapatkan contoh soalnya disini

 

Sesi III: Reading Comprehension 

  • Menguji kemampuan siswa dalam memahami bacaan bahasa Inggris 
  • Terdiri dari 42 pertanyaan 
  • Total waktu tes 50 menit
  • Contoh soal dapat dilihat disini 
  • Skor TOEFL Junior® bukan prediksi untuk skor TOEFL® iBT.
  • Berlaku 2 tahun terhitung dari tanggal tes. Hal ini berdasarkan pertimbangan rata-rata siswa akan mengalami perkembangan kemampuan bahasa Inggris yang signifikan dalam 2 tahun. 
  • Skor dihitung berdasarkan jumlah jawaban yang benar, tidak ada pengurangan nilai untuk jawaban salah.
  • Jumlah jawaban yang benar di setiap sesinya dikonversi dengan skala 200-300. Total skor dari semua sesi menjadi skor akhir TOEFL Junior®. 
 Sesi  Skala skor 
Listening Comprehension 200 – 300
Language Form and Meaning  200 – 300 
Reading Comprehension  200 – 300 
 Total Score 600 – 900

Penjelasan kemampuan yang dikuasai siswa berdasarkan skor yang dicapainya dapat dilihat pada Score Descriptors yang dapat diunduh disini

Pemetaan skor TOEFL Junior® dengan CEFR

 Sections
CEFR Level A2
 CEFR Level B1 
CEFR Level B2
 Listening Comprehension
225 – 245 250 – 285 290 – 300
 Language Form and Meaning
210 – 245  250 – 275  280 – 300
 Reading Comprehension
210 – 240  245 – 275  280 – 300

Untuk memudahkan pemahaman atas kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki siswa secara keseluruhan, TOEFL Junior® menyediakan informasi mengenai overall score level, skor total, penjelasan dan pemetaanya dengan CEFR. 

   Overall Score Level   Total Scale Score    Overall Performance Descriptor   CEFR Profile 
                                                                                      These descriptions represent performance in middle schools which use English for instruction. A typical student at this level:    A typical student at this level achieved these section-level CEFR scores:
   

5
Superior

   845–900   Consistently demonstrates comprehension of complex written and spoken materials, drawing on knowledge of complex language structures and vocabulary.    B2 for all sections
   

4
Accomplished

   785–840   Often demonstrates comprehension of complex written and spoken materials, drawing on knowledge of complex language structures and vocabulary.    B1 for all sections
   

3
Expanding

   730–780      Demonstrates comprehension of some complex written and spoken materials and most basic materials, drawing on knowledge of basic language structures and vocabulary.   Mostly B1 for all sections, but occasionally A2
   

2
Progressing

    655–725   Occasionally demonstrates comprehension of basic written and spoken materials, drawing on knowledge of basic language structures and vocabulary.   Mostly A2 for all sections, but occasionally A1 for Reading and Listening
   

1
Emerging

   600–650   Can comprehend some very basic written and spoken texts, drawing on knowledge of basic language structures and vocabulary, but needs to further develop these language skills and comprehension abilities   Mostly A1 for Listening and Reading; mostly A2 for Language, Form and Meaning

Score Report

Skor Slip TOEFL Junior® memberikan informasi berupa :

  • Skor setiap sesi, total skornya dan overall score level yang akan membantu orang tua, siswa dan pengajar memahami arti dari skor yang dicapai.
  • Penjelasan mengenai kemampuan bahasa Inggris yang dikuasai siswa berdasarkan skor yang dicapai dari setiap sesi serta kemampuan lainnya yang masih harus ditingkatkan.
  • Level CEFR dari skor yang dicapai pada setiap sesi.
  • Lexile® measure untuk membantu menemukan buku yang tepat untuk meningkatkan kemampuan baca siswa.

 

Sertifikat TOEFL Junior®

Sebagai tambahan credential, TOEFL Junior® juga menyediakan sertifikat yang dibedakan berdasarkan skor dan level CEFR dimana sertifikat ini dapat diberikan sebagai penghargaan kepada siswa dan orang tuanya atas keberhasilan pencapaiannya.

The Official Guide to the TOEFL Junior® Standard Test

The Official Guide to the TOEFL Junior® dibuat untuk membantu siswa memahami dan mempersiapkan diri sebelum mengambil TOEFL Junior®. Buku ini juga dapat membantu meningkatkan keterampilan komunikasi & pembelajaran bahasa Inggris siswa.

Fitur yang ada di dalam buku:
1. Pengenalan TOEFL Junior®
2. Jenis-jenis soal dan analisisnya
3. Strategi & tips yang akan membantu siswa untuk mempersiapkan ujian
4. Contoh soal
5. Satu set soal latihan TOEFL Junior® Standard
6. Satu audio CD

Untuk mendapatkan buku ini silahkan hubungi (021) 5711943

 

Student Handbook Practice Test Teacher Handbook
Panduan untuk siswa untuk memahami dan mempersiapkan diri mengikuti tes TOEFL Junior®. Berisi informasi singkat mengenai tes dan skor TOEFL Junior® serta hal-hal yang harus disiapkan untuk mengikuti tes TOEFL Junior® . Buku latihan dengan jumlah dan soal yang memberikan pengalaman seperti menjalankan tes TOEFL Junior® sesungguhnya. Panduan untuk pengajar dalam mempersiapkan siswanya mengikuti tes TOEFL® Junior™. Buku ini berisi informasi mengenai tipe soal dan saran bagaimana melatih siswa memahami bentuk tes yang ada pada TOEFL Junior®.

Ketiga buku tersebut merupakan paket tes TOEFL Junior® yang dapat diperoleh tanpa dikenakan biaya tambahan setelah melakukan pendaftaran.

Apa itu TOEFL Junior®?

TOEFL Junior® mengukur kemampuan bahasa Inggris siswa usia 11 – 15 tahun yang digunakan baik untuk di lingkungan sekolah maupun kehidupan sehari-hari. TOEFL Junior® memberikan informasi akurat mengenai tingkat kemampuan bahasa Inggris siswa yang dapat dijadikan dasar pertimbangan untuk menentukan proses pembelajaran selanjutnya untuk mengantar siswa mencapai kesuksesannya.
Skor TOEFL Junior® telah dipetakan dengan CEFR (Common European Framework of Reference), sehingga TOEFL Junior® dapat digunakan untuk kebutuhan di tingkat global/internasional.

Apakah kegunaan skor TOEFL Junior®?
  • Membantu penempatan siswa pada program pengajaran Bahasa Inggris yang sesuai dengan tingkat kemampuan mereka
  • Menjadi alat ukur dalam memantau perkembangan siswa selama proses belajar
  • Informasi “Can-do” yang tercantum pada lembar skor dapat dijadikan dasar untuk memberikan informasi kepada orang tua siswa mengenai kemampuan apa saja yang sudah dikuasai dalam bahasa Inggris
  • Memberi saran mengenai buku bacaan yang tepat untuk meningkatkan kemampuan bacanya berdasarkan MetaMetrics® Lexile® measures
  • Dapat dipetakan dengan skor CEFR sehingga dapat memberikan informasi tingkat kemampuan siswa bila dibandingkan dengan standar internasional.
Siapa yang membutuhkan tes TOEFL Junior®?

Banyak institusi pendidikan bahasa Inggris diseluruh dunia mempercayai TOEFL Junior® sebagai dasar pertimbangan untuk mengambil keputusan terbaik bagi siswanya. Institusi yang membutuhkan TOEFL Junior® :

  • Lembaga kursus Bahasa Inggris untuk pemetaan dan monitoring perkembangan proses belajar.
  • Sekolah internasional yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
  • Sekolah di negara yang bahasa sehari-harinya bukan bahasa Inggris yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar
Kemampuan apa yang diukur pada TOEFL Junior®?

Reading Comprehension, Listening Comprehension dan Language Form and Meaning

Bagaimana format TOEFL Junior®?

TOEFL Junior® menggunakan media kertas untuk mengerjakan tesnya

Bagaimana tes TOEFL Junior® dilaksanakan?

TOEFL Junior® dapat dilaksanakan secara institusi dimana tes dilaksanakan secara khusus hanya untuk siswa Anda atau mengikuti jadwal public test dimana jadwal tersebut terbuka untuk umum. Informasi lebih lanjut, dapat menghubungi International Test Center melalui telepon 021-5711943 atau email info@itc-indonesia.com.

Bagaimana cara penilaian (scoring) TOEFL Junior®?

Penilaian TOEFL Junior® dilakukan secara lokal oleh ETS Preferred Network dengan menggunakan system dan peralatan standar ETS yang dapat diselesaikan dalam waktu singkat.

Bagaimana keabsahan skor TOEFL Junior®?
  • Skor TOEFL Junior® tidak dapat digunakan sebagai prediksi untuk skor TOEFL® iBT yang nantinya akan diikuti siswa.
  • Sangat disarankan skor TOEFL Junior® digunakan tidak lebih dari 2 tahun sejak tes dilaksanakan dengan pertimbangan perkembangan pesat kemampuan bahasa Inggris siswa selama mengikuti program bahasa Inggris.
Bagaimana caranya apabila saya ingin mengikuti TOEFL Junior®?

Anda dapat menghubungi International Test Center yang merupakan Country Master Distributor (CMD) TOEFL Junior® di Indonesia melalui 021-5711943 atau email info@itc-indonesia.com.

TOEFL® Junior adalah salah satu asesmen dari ETS yang membantu Anda membentuk  pola instruksi bahasa Inggris siswa dengan cara yang tidak pernah Anda lakukan sebelumnya. Berdasarkan rangkaian soal TOEFL® yang kaya dan memiliki reputasi terbaik dalam tes bahasa Inggris, TOEFL® Junior dirancang untuk siswa usia 8+ untuk mengukur kemampuan komunikasi bahasa Inggris yang memberikan landasan bagi kesuksesan masa depan siswa.

Anda dapat menggunakan TOEFL® Junior untuk menentukan tujuan pengajaran Anda, memantau kemajuan siswa, mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan siswa, dan banyak lagi.

Skor TOEFL® Junior dapat dipetakan ke Common Eropean Framework of Reference (CEFR). Skor bagian Reading juga sesuai dengan ukuran MetaMetrics® Lexile®.

Untuk individu:

Pendaftaran dilakukan secara daring, silahkan unduh disini untuk panduannya. Informasi lebih lanjut harap hubungi (021) 5711943

Untuk institusi:

Pendaftaran tes untuk institusi, hubungi kami langsung melalui telepon di nomor 021-5711943 atau email ke info@itc-indonesia.com.