Workshop Internasional Standard for Professional Nurses oleh CGFNS International

Setelah melaksanakan kegiatan seminar international, pada tanggal 24-27 Juli 2018, workshop mengenai sertifikasi berstandar Internasional bagi para perawat Indonesia: Internasional Standard for Professional Nurses (ISPN) oleh CGFNS Internasional di lakukan di Universitas Brawijaya. Tema workshop di hari pertama adalah “Journey of a Migrant to the United States: for Academic Study and for Employment”. Workshop dimulai dengan video conference bersama Jasper Tolarba, DNP, RN, NEA-BC selaku Director of Credential Evaluation Service, CGFNS International Inc. yang menjelaskan mengenai pentingnya memiliki Credential Evaluation Service (CES) Academic Report bagi para perawat yang ingin melanjutkan karir maupun pendidikan di Amerika Serikat.

Hari kedua workshop membahas mengenai proses imigrasi perawat yang legal dan aman. Kegiatan diawali dengan online workshop yang dipimpin oleh Mukul Bakhshi, selaku Alliance Director of The Alliance for Ethical International Recruitment Practices, CGFNS International Inc. Workshop yang dipimpin oleh Mukul membahas mengenai proses rekrutmen khususnya bagi profesi perawat dimana nantinya akan berpengaruh dalam hal migrasi. Indonesia merupakan negara yang memiliki populasi migrasi terkecil di Amerika, sehingga tidak ada batasan jumlah bagi perawat di Indonesia yang ingin migrasi ke Amerika.

                                

Pada hari ketiga, workshop dibimbing oleh Dr. Shelley Staples, selaku dosen Linguistik Terapan dan Akuisisi Bahasa Kedua Universitas Arizona. Topik yang dibahas mengenai Global English for Nursing dimana para peserta diajak untuk berlatih bersama membahas istilah-istilah bahasa Inggris yang digunakan dalam dunia keperawatan. Tidak hanya itu, diberikan juga sekilas contoh-contoh soal yang merupakan dari tes TOEFL iBT®, dimana TOEFL iBT® menjadi dasar saringan ujian masuk untuk perawat yang akan bekerja di luar negeri.

Di hari terakhir workshop, peserta diberikan pelatihan yang membahas mengenai CGFNS Qualifying Exam yang merupakan ujian kompetensi untuk mendapatkan sertifikasi ISPN (International Standards for Professional Nurses). Workshop yang dimbing oleh Dr. Carol Tuttas, PhD, RN, mengupas beberapa soal CGFNS Qualifying Exam bersama dengan peserta yang disambut sangat antusias. Dr. Carol juga memberikan tips-tips bagaimana cara menyelesaikan soal dengan melihat kata kunci di setiap soal yang menjadi dasar dalam menjawab pertanyaan.

Serangkaian workshop diakhiri dengan presentasi peserta workshop dimana membahas mengenai langkah-langkah selanjutnya untuk menjalankan program ISPN di institusi masing-masing peserta. Workshop ditutup oleh ketua jurusan keperawatan Universitas Brawijaya, Dr. Ahsan, S.Kp., M.Kes, yang kemudian dilanjutkan dengan rangkaian seremoni kelulusan yang telah disiapkan oleh para expert CGFNS Internasional yaitu: Dr. Julia To Dutka EdD, Dr. Peter Preziosi PhD,RN, CAE dan Prof. Suzanne Willard, PhD, APN-c, FAAN.