Asesmen Bahasa Inggris dan Komputer Perkantoran bagi Pegawai Kementerian Pariwisata

Dalam dunia yang serba digital ini membuat persaingan dalam dunia kerja semakin ketat, perubahan digitalisasi membuat setiap pegawai harus beradaptasi agar dapat mengikuti arus perubahan dan seirama dengan generasi saat ini. Tidak hanya sistem perkantoran yang mulai berubah menjadi digital, pegawai juga harus menguasai teknologi atau memiliki digital literasi yang baik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengukur kemampuan digital literasi para pegawai menggunakan sertifikasi kompetensi penguasaan komputer yang akurat dan tepat.

Pada tanggal 22 Februari 2018, International Test Center bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata melaksanakan program asesmen komputer perkantoran, IC3 (Internet Core Computing Certification) dengan modul Key Applications yang mengujikan pengetahuan berkaitan Microsoft Office (word, excel dan powerpoint) bagi lebih dari 40 orang pegawai.

Tujuan dilaksanakannya program ini adalah untuk mengukur kemampuan penguasaan komputer para pegawai (khususnya pada bidang Microsoft Office). Menurut beberapa orang pegawai, soal-soal yang terdapat dalam IC3 sangat berhubungan dengan pekerjaan sehari-hari mereka. Peserta program asesmen merasa sangat tertantang dan antusias untuk mengetahui kemampuan komputer perkantoran yang dimilikinya saat ini.

Tidak hanya asesmen di bidang computer perkantoran, para pegawai di Kementerian Pariwisata juga mengikuti asesmen bahasa Inggris, yaitu GIERA (Government Institutional English Readiness Assessment) for TOEIC® (Test of English for International Communication) yang bertujuan untuk mengukur kemampuan para pegawai dalam hal berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Terlaksananya kedua ujian sertifikasi tersebut disambut baik oleh para pegawai di Kementerian Pariwisata dengan harapan asesmen seperti ini dapat dilaksanakan secara berkala agar kemampuan pegawai dapat terukur secara akurat.

Para pegawai di Kementerian Pariwisata tersebut juga berharap akan ada program lanjutan setelah dilaksanakannya program asesmen tersebut, yaitu dilakukannya program pelatihan bahasa Inggris maupun komputer perkantoran, untuk meningkatkan efektifitas dan produktifitas para pegawai.