Beasiswa S1 ke Universitas Shizuoka

ASIA BRIDGE PROGRAM: Hari ini Shizuoka, Esok Dunia

Asia Bridge Program (ABP) adalah program kolaborasi industri-akademi yang unik untuk para siswa dari India, Indonesia, Thailand, dan Vietnam. Program ini diadakan berkat kerjasama erat dengan perusahaan global yang berasal dari Shizuoka dan dirancang untuk mendidik siswa menjadi pemimpin global masa depan di bidang industri dan masyarakat. Kurikulum program ini menekankan pada pendidikan antar-disiplin yang seimbang dengan fokus pada kombinasi keahlian teknis, kepiawaian dalam praktik bisnis, berpikir ilmiah, dan keterampilan interpersonal sehingga para siswa tumbuh sebagai penghubung antara Shizuoka dengan negara asal mereka.

Pilihan program studi Beberapa pilihan program studi pilihan melalui ABP Shizouka yakni:
  1. Fakultas Ilmu Budaya dan Sosial: Jurusan Sosial dan Kajian Manusia, Jurusan Bahasa dan Sastra, Departemen Hukum, dan Jurusan Ekonomi.
  2. Fakultas Pendidikan: Kursus Pelatihan untuk Guru Sekolah.
  3. Fakultas Informatika: Jurusan Ilmu Komputer, Departemen Perilaku Informatika dan Departemen Sosio – Informasi Studi.
  4. Fakultas Sains: Departemen Matematika, Departemen Fisika, Departemen Kimia, Departemen Biologi dan Departemen Geosains.
  5. Fakultas Teknik: Jurusan Teknik Mesin, Jurusan Teknik Elektro dan Elektronika, Departemen Ilmu Elektronik dan Material, Jurusan Kimia Terapan dan Teknik Biokimia dan Jurusan Teknik Matematika dan Sistem.
  6. Fakultas Pertanian: Departemen Ilmu Bioresource dan Departemen Ilmu Pengetahuan Terapan. 
Cakupan Beasiswa

ABP menyediakan bantuan finansial bagi seluruh mahasiswa. Selain bebas biaya pendaftaran dan biaya masuk, biaya kuliah tahun pertama pun dijamin bebas biaya. Bantuan untuk tahun ke-2, ke-3, dan ke-4 meliputi pembebasan biaya kuliah dan biaya lainnya sebesar 50% atau 100% berdasarkan penilaian tahunan terhadap kinerja akademik individual tahun sebelumnya. Tersedia juga uang saku ABP bulanan untuk semua mahasiswa tahun pertama serta peluang pendanaan lain yang disponsori pemerintah dan perusahaan.

Persyaratan beasiswa

  • Warga negara Indonesia dan mampu mendapatkan izin kependudukan untuk berkuliah di universitas Jepang sesuai dengan peraturan imigrasi Jepang.
  • Telah lulus SMA/SMK/sederajat atau lulus ujian nasional/IB atau sederajat.
  • Telah berusia 18 tahun sebelum 30 September 2019.
  • Membuat esai dalam bahasa Jepang dengan panjang 500 kata berisi motivasi melamar beasiswa, bidang akademi yang diminati dan jalur karir yang dipilih setelah lulus studi.
  • Pasfoto terbaru ukuran 35mm x 45mm.
  • Transkrip nilai akademik kelas 10, 11 dan 12 serta ijazah bila sudah memiliki.
  • Hasil tes EJU (tes masuk universitas Jepang).
  • Tes kecakapan bahasa Inggris TOEFL/TOEIC/IELTS.
  • Tes kecakapan bahasa Jepang JLPT bagi yang belum memiliki EJU.
  • Form persetujuan atasan atau perusahaan bagi yang telah berstatus karyawan.

Pendaftaran

Pendaftaran telah dibuka tanggal 12 November 2018 dan akan ditutup tanggal 30 November 2018. Pengumuman hasil seleksi pertama akan disampaikan tanggal 17 Januari 2019. Selanjutnya akan dilakukan wawancara melalui Skype pada awal Februari 2019 dan akan diumumkan pada 8 Maret 2019. Bagi kandidat yang lulus, jadwal perkuliahan akan dimulai tanggal 1 Oktober 2019.

Informasi selengkapnya dapat didownload disini

Untuk melakukan pendaftaran dapat registrasi melalui laman http://www.abp.icsu.shizuoka.ac.jp/eng/undergraduate/admissions/