Pegawai BKN Melaksanakan Sertifikasi Bahasa Inggris dan Komputer

Penguasaan bahasa Inggris memiliki peranan penting dalam melakukan pekerjaan sehari-hari, tidak hanya sebagai alat berkomunikasi, namun kini bahasa Inggris diperlukan dalam melakukan pekerjaan teknis, seperti pengoperasian komputer. Untuk mendukung peningkatan kemampuan bahasa Inggris para pegawainya, Pusat Pengembangan Aparatur Sipil Negara, Badan Kepegawaian Negara (Pusbang ASN BKN) bekerjasama dengan International Test Center melaksanakan asesmen/sertifikasi bahasa Inggris TOEIC® pada tanggal 23 Februari 2018 di kantor Pusbang ASN Ciawi, Bogor, Jawa Barat.

 

Tujuan pelaksanaan asesmen/sertifikasi tersebut adalah untuk melakukan pemetaan terhadap pegawai BKN, sehingga kemampuan berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris dapat terukur secara akurat. Tidak berhenti pada program sertifikasi, program selanjutnya adalah para pegawai BKN tersebut akan melaksanakan kegiatan pelatihan bahasa Inggris selama 3 bulan, agar kemampuan yang dimiliki dapat terus terjaga dan mengalami peningkatan sehingga dapat mendukung pekerjaan mereka sehari-hari.

Program ini dibuka oleh Kepala Pusbang ASN BKN, yaitu Bapak Dr. Ahmad Jalis, MA. Menurut beliau, pelatihan bahasa Inggris yang dilakukan tersebut akan menekankan kepada kemampuan conversation para pegawai, sehingga program tersebut diharapkan meningkatkan kepercayaan diri para pegawai dalam berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris. Pada saat rapat (berkaitan dengan persiapan program pelatihan atau evaluasi program pelatihan), para pegawai Pusbang ASN BKN juga akan melakukan rapat tersebut dalam bahasa Inggris, yang termasuk dalam agenda pelatihan.

Selain sertifikasi bahasa Inggris, para pegawai Pusbang ASN BKN juga melaksanakan ujian sertifikasi komputer yakni IC3 (Internet Core Computing Certification). IC3 merupakan sertifikasi internasional yang diciptakan oleh Certiport, dimana modul yang diujikan adalah Exam Key Applications, yang bertujuan untuk mengukur kemampuan para pegawai dalam menggunakan aplikasi komputer perkantoran, khususnya dalam mengoperasikan Microsoft Office (Word, Excel dan Powerpoint).