Politeknik Negeri Malang Melaksanakan Sertifikasi TOEIC®

Pada tanggal 4 Agustus 2018, Politeknik Negeri Malang (Polinema) bekerjasama dengan International Test Center (ITC) melaksanakan ujian sertifikasi TOEIC® (Test of English for International Communication) bagi para calon lulusannya guna mempersiapkan mereka memasuki dunia kerja.

Sejak tahun 2017, Polinema telah mempercayai TOEIC® sebagi alat ukur kemampuan bahasa Inggris mahasiswanya. Sebelumnya, TOEIC® diperuntukkan bagi mahasiswa baru Polinema yang bertujuan untuk mapping. Kini, TOEIC® juga diperuntukkan untuk mahasiswa tingkat akhir mereka. Ujian sertifikasi TOEIC® dibagi menjadi 2 sesi yang diikuti oleh seluruh mahasiswa tingkat akhir.

Sebelum menggunakan TOEIC®, uji kompetensi bahasa Inggris diselenggarakan secara internal di Polinema. Rancangan soal uji kompetensi yang disusun secara mandiri oleh tim dosen Polinema dengan tetap merujuk pada patokan internasional, sertifikat yang diberikan kepada mahasiswa adalah dengan pengesahan internal Polinema.

Kondisi ini seringkali menjadi masalah bagi lulusan Polinema dalam upaya mereka mencari kerja karena sebagian besar industri, terutama perusahaan multi-nasional, menginginkan sertifikat berlevel internasional yang diberikan oleh lembaga profesional eksternal. Oleh karena itu, Polinema mencari sertifikasi kompetensi bahasa Inggris berstandar internasional yang tepat bagi mahasiswanya dan TOEIC® adalah sertifikasi berstandar Internasional yang telah diakui sektor Industri di 160 negara dengan pengguna 7 juta per tahunnya.