SMP Bina Talenta Graha-Berstandar Internasional Sejak Usia Dini

Bahasa Inggris memiliki peran yang penting di era globalisasi sebagai bahasa kedua. Pengenalan bahasa Inggris sejak usia dini sudah mulai terlihat di beberapa sekolah di Indonesia. Salah satu sekolah yang menjadikan bahasa Inggris sebagai suatu keharusan adalah Sekolah Bina Talenta Graha Bekasi. Pada tanggal 31 Januari 2019, Sekolah Bina Talenta Graha Bekasi bekerjasama dengan International Test Center (ITC).melaksanakan ujian sertifikasi TOEFL® Junior™ bagi siswa kelas enamnya.

TOEFL® Junior™ dijadikan sebagai salah satu syarat kelulusan bagi siswa tingkat akhir Sekolah Bina Talenta Graha Bekasi, dimana salah satu tujuannya adalah mencetak siswa yang fasih berbahasa Inggris dan berstandar internasional. Menurut beberapa peserta ujian, soal-soal yang terdapat dalam ujian tidak begitu sulit karena sebelumnya para peserta melakukan persiapan berupa latihan soal yang dikerjakan bersama-sama dengan guru.

TOEFL® Junior™ merupakan bagian dari TOEFL® Young Students Series (TYSS), dimana TYSS merupakan bagian dari ETS TOEFL® Family of Assessments. TYSS merupakan tes untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris di bidang akademik bagi siswa tingkat pendidikan dasar dan menengah. Program TYSS dibagi menjadi 2 bagian, yakni TOEFL Primary® dan TOEFL® Junior™. TOEFL® Junior™ ditujukan untuk siswa usia 11+, TOEFL Junior® adalah ukuran yang obyektif dan dapat diandalkan untuk kemampuan komunikasi bahasa Inggris siswa SMP dan SMA tingkat awal, sedangkan TOEFL® Primary ditujukan untuk siswa SD.