TOEIC® untuk Program Beasiswa 5000 Doktor Luar Negeri

Dalam upaya memiliki para pengajar dengan jenjang pendidikan yang lebih tinggi, Kementerian Agama yang membawahi perguruan tinggi Islam di Indonesia memberikan program beasiswa yang dinamakan program 5000 Doktor Luar Negeri. Program ini dikhususkan bagi dosen maupun tenaga pendidik yang ingin melanjutkan pendidikan S3 ke luar negeri.

Pada tanggal 15 Agustus 2018, telah dilakukan sosialisasi oleh Kementerian Agama bagian Project Management Unit (PMU) di UIN Sultan Syarif Kasim, Riau. Soalisasi ini dihadiri oleh para dosen dimana informasi mengenai program 5000 Dokter Luar Negeri dijelaskan secara rinci, termasuk dokumen persyaratan yang dibutuhkan dalam melamar beasiswa tersebut. Salah satu dokumen yang dijadikan syarat adalah sertifikat kemampuan bahasa Inggris.

Salah satu sertifikat bahasa Inggris yang dapat digunakan dalam melamar beasiswa dari Kementerian Agama ini adalah TOEIC® (Test of English as International Communication). Pada kesempatan kali ini, turut hadir juga perwakilan dari International Test Center (ITC) Bapak Hasanuddin Aseran, Team Leader of Education Development Division, yang menjelaskan bahwa kini TOEIC® dengan skor 700 dapat dijadikan sebagai bukti kemampuan bahasa Inggris untuk melamar program beasiswa 5000 Doktor Luar Negeri.